Rabu, 28 Desember 2022 10:02

Dirut PD Pasar Makassar Jawab Tudingan Pasar Sentral Sengaja Dibakar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pasar Sentral Makassar yang terbakar, Selasa (27/12/2022), menghanguskan ratusan kios milik pedagang.
Pasar Sentral Makassar yang terbakar, Selasa (27/12/2022), menghanguskan ratusan kios milik pedagang.

Informasi beredar di kalangan pedagang ada dugaan ada unsur kesengajaan pembakaran Pasar Sentral Makassar mengingat para pedagang akan direlokasi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar Raya, Ichsan Abduh Hussein, menjawab soal tudingan bahwa Pasar Sentral Makassar yang terbakar, Selasa (27/12/2022), ada unsur kesengajaan. Dia menegaskan kepada seluruh pihak untuk jangan berspekulasi.

Informasi beredar di kalangan pedagang ada dugaan ada unsur kesengajaan pembakaran Pasar Sentral Makassar mengingat para pedagang akan direlokasi.

"Saya kira kita jangan berspekulasi, yang jelas kami dari PD Pasar tidak ada seperti itu. Tidak ada dari kami dan Pemerintah Kota (Makassar) berpikir seperti itu. Tolong jangan kita berspekulasi. Biarkan pihak kepolisian melakukan penyelidikan," kata Ichsan di lokasi kejadian, Selasa malam.

Baca Juga : Gubernur Sulsel Serahkan Bantuan Logistik ke Sejumlah Pedagang Pasar Sentral

Dilaporkan ratusan kios di Blok B Selatan pelataran Pasar Sentral Makassar hangus dilalap si jago merah. "Data kami potensi kios (terbakar) 931 kios. Kios ada pakaian, gorden, semuanya bahan tekstil," sebut Ichsan.

Ichsan mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan kejadian sekitar pukul 19.00 Wita dan langsung melaporkan serta berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Polres Pelabuhan serta melaporkan ke Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), untuk penanganan bencana.

PD Pasar Makassar, kata dia, tentunya akan mengambil langkah lanjutan usai kebakaran ini. "Insyaallah kita berbuat yang terbaik. Lokasi? Nanti secepatnya oleh PD Pasar," tuturnya.

Baca Juga : Dari Jakarta, Danny Pomanto Langsung Kunjungi Pasar Sentral Pasca Kebakaran

Sementara, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Makassar, Muhammad Hasanuddin, pihaknya mengerahkan total 38 armada untuk memadamkan api.

"Kami kerahkan penuh armada dari Mako Damkar dan bantuan cadangan unit dari posko lain, total ada 48 unit bolak balik mengisi tangki. Semua personel diturunkan termasuk regu penembak air," ucapnya.

Penyebab kejadian, kata dia, masih diinvestigasi polisi. "Tidak ada korban jiwa, luka bakar, dan luka goresan saat kejadian," ujarnya.

Baca Juga : Polres Pelabuhan Makassar Selidiki Kebakaran Pasar Sentral

Sumber: Antara

#PD Pasar Makasar Raya #kebakaran pasar sentral #Pasar Sentral Makassar