Jumat, 23 Desember 2022 16:02

Momentum Nataru, BI Sulsel Siapkan Uang Tunai Rp4 Triliun

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Instagram Bank Indonesia)
Ilustrasi. (Foto: Instagram Bank Indonesia)

Penyiapan persediaan uang tunai Rp4 triliun itu sudah memperhitungkan banyak faktor, termasuk prakiraan peningkatan aktivitas ekonomi dan perjalanan masyarakat jelang akhir tahun 2022.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan (BI Sulsel) menyiapkan uang tunai Rp4 triliun untuk kebutuhan menjelang Natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru).

"Dalam rangka menyambut hari raya Natal 2022 dan tahun baru 2023, BI Sulsel menyiapkan uang tunai Rp4 triliun dan menjamin kecukupan uang tunai yang diedarkan di masyarakat," kata Kepala Perwakilan BI Sulsel, Causa Iman Karana, dikutip dari Antara, Jumat (23/12/2022).

Dia mengatakan, penyiapan persediaan uang tunai Rp4 triliun itu sudah memperhitungkan banyak faktor, termasuk prakiraan peningkatan aktivitas ekonomi dan perjalanan masyarakat jelang akhir tahun 2022.

Baca Juga : BI Sulsel Siap Dukung Pengembangan Sektor Pertanian, Perikanan, dan Peternakan lewat KUR

BI Sulsel akan mendistribusikan uang ke seluruh wilayah Sulsel, termasuk melalui kas titipan, agar perbankan memiliki kecukupan persediaan uang tunai, baik secara jumlah maupun jenis pecahan.

Selain itu, BI Sulsel juga mewajibkan bank dan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) untuk menjaga ketersediaan uang dengan kualitas baik dan optimal termasuk pada anjungan tunai mandiri (ATM) serta memastikan seluruh kegiatan pengolahan uang sesuai dengan aspek kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

Sementara, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran jelang akhir 2022, BI Sulsel meminta masyarakat untuk selalu mewaspadai risiko uang palsu dengan mengenali ciri-ciri keaslian uang rupiah melalui metode dilihat, diraba, diterawang (3D).

Baca Juga : Gubernur BI Apresiasi Sulsel Sukses Kendalikan Inflasi

Dalam rangka mendukung digitalisasi, BI Sulsel juga mendorong masyarakat untuk melakukan transaksi pembayaran secara nontunai, termasuk dengan menggunakan uang elektronik, digital banking, maupun QR Indonesia Standard (QRIS).

Hal ini sejalan perkembangan digitalisasi, baik di sektor jasa maupun keuangan, sehingga masyarakat diminta agar memanfaatkan kemudahan transaksi elektronik yang lebih efisien dan aman.

#BI Sulsel #Natal dan Tahun Baru #Uang Tunai