Kamis, 22 Desember 2022 13:02

Harga Bapok di Pasar Pangkajene Sidrap Relatif Stabil Jelang Nataru

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemkab Sidrap bersama unsur Forkopimda melakukan pemantauan harga dan stok komoditas bahan pokok (bapok) di Pasar Pangkajene, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap, Sulsel, Rabu (21/12/2022).
Pemkab Sidrap bersama unsur Forkopimda melakukan pemantauan harga dan stok komoditas bahan pokok (bapok) di Pasar Pangkajene, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap, Sulsel, Rabu (21/12/2022).

Kenaikan harga di beberapa bahan pokok sejak pekan lalu, di antaranya minyak goreng curah, daging sapi, telur ayam broiler, cabai rawit merah, tomat, kedelai lokal, dan ikan bandeng.

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Jelang Natal dan tahun baru (Nataru), Pemkab Sidrap bersama unsur Forkopimda melakukan pemantauan harga dan stok komoditas bahan pokok (bapok) di Pasar Pangkajene, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap, Sulsel, Rabu (21/12/2022).

Pemantauan dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Sidrap, Muhammad Iqbal, didampingi Kabag Perekonomian, Arnol Baramuli. Turut memantau, Kabag Log Polres Sidrap, AKP Nirwan, Kasat Intelkam Polres Sidrap, Iptu Suhardi, Danramil Maritengngae, Lettu Inf. Junarman, dan Wakil Kepala Bulog Sidrap, Ismail.

Tampak pula Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan, Laenggeng Kote, Kabid Ketahanan Pangan, Nihzam, Kabid Humas IKP Kominfo, Anwar D. Nurdin, Kabid Pengembangan Perdagangan, Muhammad Akbar, Fungsional Analis Kebijakan, Sahriah, dan Kepala UPT Pasar Pangkajene, Asri.

Baca Juga : Sekda Sidrap Basra Bakal Dilantik Jadi Pj Bupati Akhir Pekan Ini

Dalam pemantauan tersebut, tim mengunjungi lapak dan berbincang dengan sejumlah pedagang untuk mengetahui kondisi harga dan stok bahan pokok.

Kabag Administrasi Perekonomian, Arnol Baramuli, mengungkapkan sejumlah harga bahan pokok masih relatif stabil meskipun sebagian mengalami sedikit kenaikan yang mungkin disebabkan karena dampak kanaikan BBM.

"Secara umum, harga relatif stabil dan stok masih aman tersedia," ungkapnya.

Baca Juga : Kapolres Wajo Cek Kesiapan Pos Pengamanan Operasi Lilin 2023

Berdasarkan data dari Fungsional Analisis Kebijakan Bagian Perekonomian, Sahriah, kenaikan harga di beberapa bahan pokok sejak pekan lalu, di antaranya minyak goreng curah, daging sapi, telur ayam broiler, cabai rawit merah, tomat, kedelai lokal, dan ikan bandeng.

Sementara, untuk bahan pokok yang mengalami penurunan, seperti tepung terigu kompas dan cabai merah keriting.

Saat ini harga minyak goreng curah naik dari harga Rp13.000/kg menjadi Rp14.000/kg, daging sapi dari Rp125.000/kg naik Rp130.000/kg, telur ayam broiler Rp28.000/kg naik Rp30.000/kg, cabai rawit merah Rp25.000/kg naik Rp35.000/kg, tomat Rp10.000/kg naik Rp15.000/kg, kedelai lokal Rp10.000/kg naik Rp13.000/kg, dan ikan segar bandeng dari Rp30.000/kg naik Rp35.000/kg.

Baca Juga : XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Pada Libur Nataru 2024

Sementara, bahan pokok yang mengalami penurunan, yakni tepung terigu kompas dari Rp13.000/kg turun Rp12.000/kg dan cabai merah keriting dari Rp15.000/kg turun jadi Rp10.000/kg.

"Kenaikan di beberapa komoditi terutama bahan pokok tersebut tidak signifikan dan wajar terjadi menjelang momen perayaan hari-hari besar," ucap Sahriah.

Penulis : Hasrul Nawir
#pemkab sidrap #Natal dan Tahun Baru