Selasa, 06 Desember 2022 22:54

Pangkalan Udara Rusia Dilaporkan Dihantam Drone, Dua Pesawat Pembom Nuklir Hancur

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Serangan drone Ukraina hantam lapangan udara Rusia, lumpuhkan 2 pembom nuklir. Foto/Nikkei
Serangan drone Ukraina hantam lapangan udara Rusia, lumpuhkan 2 pembom nuklir. Foto/Nikkei

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan pada hari Senin bahwa satu-satunya informasi yang dia miliki tentang ledakan tersebut berasal dari laporan media dan dia tidak dapat berkomentar lebih lanjut

RAKYATKU.COM - Sebuah video yang diduga menunjukkan serangan drone di pangkalan udara Rusia pada Senin menunjukkan dua pesawat Rusia yang mampu membawa bom nuklir dilaporkan hancur.

Senin pagi, dilaporkan terjadi dua ledakan di pangkalan Rusia dekat kota Ryazan, tenggara Moskow, dan pangkalan lain di wilayah Saratov.

Ledakan di pangkalan Engels di Saratov, yang dikatakan Radio Free Europe berjarak sekitar 600 kilometer dari Ukraina, adalah yang digambarkan dalam rekaman yang dibagikan Senin di Twitter oleh outlet berita Belarusia, Nexta.

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

Awalnya video menunjukkan diambil dari beberapa jenis rekaman kamera keamanan hanya menampilkan beberapa mobil yang terparkir. Kilatan cahaya besar kemudian terlihat sesaat di kejauhan.

Nexta melaporkan bahwa ledakan itu disebabkan oleh serangan drone dan menghancurkan dua pesawat pembom Rusia, Tu-95.

Tu-95 dapat membawa muatan berat, termasuk senjata nuklir, dalam jarak jauh.

Baca Juga : Rusia: Pemimpin Kelompok Wagner Dipastikan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Saluran jurnalisme independen Rusia Astra Telegram, mengutip sumber anonim, juga melaporkan bahwa ledakan Engels disebabkan oleh serangan pesawat tak berawak dan dua pesawat pembom Tu-95 hancur.

Astra juga mengatakan dua prajurit Rusia terluka dalam ledakan tersebut dan dirawat di rumah sakit.

Newsweek tidak dapat memverifikasi keaslian rekaman yang dibagikan oleh Nexta secara independen, meskipun ditandai dengan tanggal Senin. Kementerian Pertahanan Rusia dihubungi untuk konfirmasi keakuratan video, serta untuk konfirmasi bahwa drone berada di balik serangan itu dan dua pesawat Tu-95 dihancurkan, tetapi belum menanggapi.

Baca Juga : Putin Angkat Bicara Terkait Kecelakaan Pesawat yang Diduga Tewaskan Bos Wagner

Ukraina tidak secara langsung mengklaim bertanggung jawab atas ledakan tersebut, meskipun seorang pejabat Ukraina tampaknya mengejek Rusia di media sosial setelah ledakan tersebut.

"Bumi itu bulat - penemuan yang dibuat oleh Galileo. Astronomi tidak dipelajari di Kremlin, memberikan preferensi kepada astrolog istana," cuit penasihat presiden Ukraina Mykhailo Podolyak. "Jika ya, mereka akan tahu: jika sesuatu diluncurkan ke wilayah udara negara lain, cepat atau lambat benda terbang tak dikenal akan kembali ke titik keberangkatan," seperti dikutip Newsweek, Selasa (6/12/2022).

Newsweek menghubungi Kementerian Pertahanan Ukraina untuk mengomentari kemungkinan kaitan dengan ledakan tersebut.

Baca Juga : Negara-negara BRICS Serukan Penolakan Standar Ganda Dalam Melindungi HAM

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan pada hari Senin bahwa satu-satunya informasi yang dia miliki tentang ledakan tersebut berasal dari laporan media dan dia tidak dapat berkomentar lebih lanjut.

Memperhatikan bahwa informasi sudah menyebar di jejaring sosial dan di media, Gubernur Saratov Roman Busargin menulis di Telegram Senin bahwa penegak hukum sedang menyelidiki "insiden" di fasilitas militer. "Saya ingin meyakinkan Anda bahwa tidak ada keadaan darurat yang terjadi di daerah pemukiman kota," tulisnya. "Tidak ada alasan untuk khawatir. Tidak ada infrastruktur sipil yang rusak," imbuhnya.

Senin malam, Kementerian Pertahanan Rusia mengeluarkan pernyataan menyalahkan drone Ukraina atas ledakan di kedua pangkalan. Pernyataan itu mengatakan pertahanan udara Rusia mencegat dan menembak jatuh drone saat mereka terbang di ketinggian rendah, tetapi dua pesawat sedikit, menurut Reuters. Selain itu, tiga personel militer tewas dan empat orang terluka, kata kementerian itu.

Baca Juga : Presiden Ukraina Yakin Pengiriman Jet Tempur F-16 AS Dapat Mengakhiri Invasi Rusia


Sumber: SINDOnews.com

#Rusia #Putin