Sabtu, 03 Desember 2022 13:15

Pemkot Parepare Raih Penghargaan Badan Publik Menuju Informatif dari KI Sulsel

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sekda Kota Parepare, Iwan Asaad (kiri), saat menerima penghargaan dari Asisten III Bidang Administrasi, Tautoto Tana Ranggina, pada malam penganugerahan yang berlangsung di Hotel Claro, Jalan A.P. Pettarani, Kota Makassar, Jumat (2/12/2022) malam.
Sekda Kota Parepare, Iwan Asaad (kiri), saat menerima penghargaan dari Asisten III Bidang Administrasi, Tautoto Tana Ranggina, pada malam penganugerahan yang berlangsung di Hotel Claro, Jalan A.P. Pettarani, Kota Makassar, Jumat (2/12/2022) malam.

Pemkot Parepare merupakan satu-satunya kota di Sulsel yang meraih penghargaan ini.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare meraih penghargaan sebagai badan publik menuju informatif pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2022 kategori pemerintah kabupaten/kota.

Kegiatan yang diselenggarakan Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan tema Digitalisasi Keterbukaan Informasi Publik Mewujudkan Badan Bublik Terbuka ini diselenggarakan di Hotel Claro, Jalan A.P. Pettarani, Kota Makassar, Jumat (2/12/2022) malam.

 

Pemkot Parepare merupakan satu-satunya kota di Sulsel yang meraih penggargaan tersebut. Penghargaan diserahkan Asisten III, Tautoto Tanaranggina, mewakili Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Parepare, Iwan Asaad, menerima penghargaan mewakili Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

Baca Juga : Wali Kota Parepare Harap Suporter Tertib Saksikan Laga PSM Makassar Vs Rans Nusantara di GBH

Penyerahan penghargaan disaksikan Wakil Ketua KI Pusat, Arya Sandiyhuda, dan Ketua KI Sulsel, Pahir Halim.

"Alhamdulillah Pemkot Parepare mendapatkan penghargaan. Ini suatu kebanggaan untuk kita yang tentunya akan menjadi komitmen kita meningkatkan keterbukaan informasi ke depan," kata Iwan Asaad.

Capaian yang telah diraih, kata dia, tidak membuat jajaran Pemkot Parepare berpuas diri. Sebab, raihan ini akan ditingkatkan melalui upaya konkret dalam memasifkan keterbukaan informasi publik.

Baca Juga : Wali Kota Parepare Lantik Pejabat Administrator dan Fungsional

"Ke depan, kita akan melihat kekurangan apa yang kita miliki sehingga akan menjadi bahan evaluasi untuk kita perbaiki. Insyaallah dengan penghargaan ini harapannya bisa lebih meningkat lagi nantinya," harapnya.

Sponsored by MGID

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Parepare, Iskandar Nusu, mengatakan penghargaan ini sesuai harapan Wali Kota Parepare untuk memberikan pelayanan maksimal terkait informasi dan peningkatan peran, fungsi, dan tanggung jawab pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID).

"Tahun ini instrumen penilaian bertambah dari 50 menjadi 150 pertanyaan sehingga kami mohon dukungan kepala SKPD (satuan kerja perangkat daerah) dan komponen lainnya untuk lebih baik ke depannya dalam peningkatan kualitas informasi publik," tuturnya.

Baca Juga : Wamendag dan Wali Kota Parepare Cicip Kopi Toraja di Rakernas PMKRI

Dalam penganugerahan kali ini, ada tiga kategori yang diberikan, yakni kategori badan publik instansi lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel, badan publik pemerintah kabupaten/kota, dan badan publik desa.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare