Senin, 28 November 2022 19:26

Konsolidasi PSKS se-Luwu Raya, IDP Ingatkan Penguatan Masyarakat Penerima Program

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Konsolidasi PSKS se-Luwu Raya, IDP Ingatkan Penguatan Masyarakat Penerima Program

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani yang hadir membuka kegiatan tersebut mengatakan, penguatan kapasitas SDM PSKS menjadi sangat penting untuk menguatkan masyarakat penerima program.

RAKYATKU.COM -- Peningkatan Kapasitas SDM dan Konsolidasi Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) se- Luwu Raya resmi digelar di Kabupaten Luwu Utara tepatnya di Desa Lantang Tallang, Senin (28/11/2022).

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani yang hadir membuka kegiatan tersebut mengatakan, penguatan kapasitas SDM PSKS menjadi sangat penting untuk menguatkan masyarakat penerima program.

 

"Pertama yang harus kita pastikan adalah masyarakat jangan semakin terpuruk kehidupannya. Kedua, dengan mengoptimalkan sumberdaya yang kita miliki, baik itu SDM, SDA, sumber pembiayaan yang telah dikucurkan baik melalui APBN maupun APBD maka kita berharap resesi dapat kita lalui dengan tidak menurunkan kualitas kehidupan masyarakat," kata Indah.

Baca Juga : Bupati Indah Resmi Lantik Pimpinan Tinggi Pratama Luwu Utara

Dengan pelatihan dan bantuan peralatan yang cukup banyak disiapkan pemerintah, bupati perempuan pertama di Sulsel ini berharap masyarakat bisa menangkap peluang untuk menjadi entrepreneur, khususnya bagi penyandang disabilitas.

"Jadi sudah harus diidentifikasi mereka yang siap menerima program lanjutan terutama untuk menjadi entrepreneur. Bicara siap itu bicara komitmen dan keberlanjutan, sifatnya jangka panjang. Kalau soal mau, semua mau tapi tidak semua siap. Untuk itu saya sudah ingatkan juga kepada kades jangan hanya mengusul yang dekat dengan kita, tapi yang memang siap menerima program. Sebab setiap rupiah uang Negara yang dialokasikan harus dapat dipertanggungjawabkan," katanya mengingatkan.

"Saya yakin seluruh PSKS di Luwu, Palopo, Lutim dan tentu saja Lutra adalah orang-orang yang kompeten, orang yang punya kepedulian dan komitmen tinggi untuk kemudian melakukan pendampingan penguatan terhadap masyarakat kita yang membutuhkan sehingga kualitas kehidupan mereka meningkat dari waktu ke waktu. Sekaligus adagium Wanua Mappatuo na Ewai Alena betul-betul dapat kita wujudkan bersama," tutur bupati yang karib disapa IDP ini.

Baca Juga : Pemda Luwu Utara Salurkan Bantuan Dana Siap Pakai bagi Korban Banjir

Atas nama Pemda, IDP yang hadir didampingi Wakil Bupati, Suaib Mansur dan Ketua DPRD, Basir ini juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan yang tidak hentinya diberikan Kemensos RI ke Luwu Utara.

Sponsored by MGID

"Terima kasih yang sama kami tujukan kepada rekan-rekan para pelaku PSKS se- Tana Luwu yang telah berkenan hadir mengikuti pelaksanaan kegiatan. Semoga dengan kegiatan ini dapat semakin mengeratkan silaturahmi, membangun kebersamaan hingga akhirnya terwujud optimalisasi dalam pelaksanaan tugas kita sehingga tujuan dan outcome dapat kita capai bersama," ucap IDP.

Sebelumnya, Plt Kadis Sosial, Ari Setiawan melaporkan kegiatan tersebut diikuti PSKS se-Luwu Raya yang bertujuan untuk meningkatkan performa dan mengembangkan ragam strategi dalam menjalankan tupoksinya agar membantu masyarakat keluar dari taraf kemiskinan.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani