Sabtu, 26 November 2022 12:45

Bikin Haru, Warga Lutra Akhirnya Bertemu Keluarga setelah 34 Tahun Merantau ke Malaysia

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sudarmin (51), warga Dusun Mangkaluku, Desa Malimbu, Kecamatan Sabbang, Kabupaten Luwu Utara (Lutra), kembali bertemu keluarga, Jumat (25/11/2022) malam).
Sudarmin (51), warga Dusun Mangkaluku, Desa Malimbu, Kecamatan Sabbang, Kabupaten Luwu Utara (Lutra), kembali bertemu keluarga, Jumat (25/11/2022) malam).

Berdasarkan informasi dari Dinsos Lutra, Sudarmin ditemukan telantar di Pelabuhan Makassar oleh Dinsos Makassar. Kemudian kasus orang telantar ini dialihkan ke Dinsos Sulsel untuk diasesmen lebih lanjut.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) berhasil memulangkan kembali warga Dusun Mangkaluku, Desa Malimbu, Kecamatan Sabbang, setelah merantau ke Malaysia sejak usia 17 tahun.

Warga desa Malimbu yang kemudian diketahui bernama Sudarmin (51) ini kembali ke pelukan keluarga dalam kondisi yang menderita penyakit stroke.

Proses pemulangan Sudarmin difasilitasi Dinsos Provinsin Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Dinsis Kota Makassar. Berdasarkan informasi dari Dinsos Lutra, Sudarmin ditemukan telantar di Pelabuhan Makassar oleh Dinsos Makassar. Kemudian kasus orang telantar ini dialihkan ke Dinsos Sulsel untuk diasesmen lebih lanjut.

Baca Juga : BLT di Luwu Utara Mulai Tersalur

Dari hasil asesmen Dinsos Sulsel, melalui pekerja sosial provinsi, diketahui bahwa Sudamin berasal dari Dusun Mangkaluku, Desa Malimbu, Kecamatan Sabbang. "Berdasarkan informasi itu, Dinas Sosial Provinsi menghubungi kami, melalui Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial,” kata Kepala Dinsos Lutra, Ari Setiawan, Sabtu (26/11/2022), di Masamba.

“Atas koordinasi yang baik dan intens antara Dinsos Provinsi Sulsel, Dinsos Makassar, Dinsos Luwu Utara, serta pendamping Sosial TKSA dan kepala desa, maka Bapak Sudarmin ini dapat dipulangkan kembali ke keluarga setelah berpisah selama 34 tahun,” sambung Ari. Proses pengembalian orang telantar ini berlangsung lancar tanpa hambatan.

Ari menceritakan proses pemulangan Sudarmin, Jumat (25/11/2022) pukul 21.48 Wita. Diungkapkannya, Sudarmin dipulangkan dalam keadaan sakit stroke. “Alhamdulillah, akhirnya Pak Sudarmin kembali berkumpul bersama keluarga yang selama 34 tahun berpisah karena beliau merantau ke Malaysia sejak usianya baru 17 tahun,” ungkapnya.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Jadi Narasumber Pelatihan Kepemimpinan Nasional, Bahas Isu Strategis

Pada proses pemulangan tersebut, Camat Sabbang dan Kepala Desa Malimbu, juga ikut mendampingi tim Dinsos Lutra. Terlihat pula beberapa anggota keluarga Sudarmin ikut menyambut kedatangannya. Suasana haru tak dapat disembunyikan. Ibarat pepatah, cinta dan kasih sayang akan menemukan jalannya sendiri.

Terpisah, Bupati Lutra, Indah Putri Indriani, tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Dinsos Sulsel dan Dinsos Makassar yang telah memfasilitasi proses pemulangan Sudarmin. “Terima kasih kepada Dinas Sosial Provinsi dan Kota Makassar atas pemulangan warga kami,” kata Indah.

Indah juga tak lupa menyampaikan doa dan pengharapan agar warganya itu dapat segera pulih dan sembuh dari penyakit yang dideritanya sehingga dapat menjalani hidup lebih sehat bersama keluarga. “Kita berharap doa kesembuhan buat Pak Sudarmin agar dapat menjalani kehidupan yang baru bersama keluarga,” ucapnya.

Baca Juga : Musrenbang RPJPD, Pemkab Luwu Utara Tetapkan Visi Pembangunan 2025—2045

Sekadar diketahui, Sudarmin adalah salah satu Pemerlu Pelayanan Kesehjahteraan Sosial (PPKS) di Lutra dengan kategori Pekerja Migran Bermasalah Sosial. Diketahui pula Sudarmin juga pernah ikut program Departemen Tenaga Kerja (Depnaker) pada 1980-an yang membawa dia bekerja di negara tetangga, Malaysia.

#pemkab luwu utara #dinas sosial luwu utara