Sabtu, 26 November 2022 10:25

Parepare Raih Bhumandala Award 2022

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penghargaan diterima langsung Wali Kota Parepare, Taufan Pawe (tengah), dalam prosesi yang berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (25/11/2022) malam.
Penghargaan diterima langsung Wali Kota Parepare, Taufan Pawe (tengah), dalam prosesi yang berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (25/11/2022) malam.

Bhumandala Award ini diikuti kementerian, lembaga, TNI, Polri, serta pemerintah provinsi, kabupaten/kota yang mengolah data spasial secara tertib, terukur, dan terintegrasi.

RAKYATKU. COM, JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Kali ini daerah yang dipimpin Wali Kota Taufan Pawe itu dianugerahi Bhumandala Award 2022, penghargaan Simpul Jaringan Terbaik melalui Jaringan Informasi Geospasial Nasional.

Parepare mendapatkan penghargaan kategori Bhumandala Nawasena. Nawasena berasal dari bahasa Sanskerta yang artinya masa depan yang cerah.

Penghargaan diterima langsung Taufan dalam prosesi yang berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (25/11/2022) malam.

Baca Juga : Halal Bihalal, Managemen RSUD Andi Makkasau Saling Support Berikan Layanan Berkualitas

Penghargaan diserahkan Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Muh. Aris Marfai, didampingi Deputi IIG. Turut hadir Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar. Sementara, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, hadir secara virtual.

"Alhamdulillah, Kota Parepare kembali mendapat pengakuan dari pemerintah pusat atas kerja-kerja terintegrasi dan inovatifnya yang berbuah penghargaan Bhumandala Award. Parepare mendapatkan penghargaan kategori Bhumandala Nawasena atau diartikan sebagai masa depan yang cerah," kata Taufan usai menerima penghargaan.

Taufan menekankan, Simpul Jaringan melalui Jaringan Informasi Geospasial Nasional ini penting. Sebab, hasil data geospasial akan menjadi informasi geospasial yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, dan/atau pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan ruang kebumian.

Baca Juga : Pemkot Parepare Dukung Percepatan Pemberian Jamsostek bagi Pekerja Rentan dan Miskin

Dalam mendukung informasi geospasial, Pemkot Parepare membangun Simpul Jaringan Geospasial yang telah terintegrasi dengan Forum Satu.

Data pada Simpul Jarigan Geospasial merupakan data tentang lokasi geografis, dimensi atau ukuran, dan/atau karakteristik objek alam dan/atau buatan manusia yang berada di bawah, pada, atau di atas permukaan bumi, dapat dilihat secara visual dan saling terkoneksi ke lebih dari 200 geoportal se-Indonesia.

"Parepare baru mulai membangun simpul jaringan pada tahun 2021 dan masih banyak yang harus dikembangkan, seperti penyiapan SDM di setiap SKPD terkait dan penyiapan peralatan operasional standar BIG. Karena itu pengembangan Simpul Jaringan Kota Parepare didampingi oleh Unhas yang dikoordinasikan melalui Bappeda Kota Parepare," terang Taufan.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Akan Boyong Kadis dan Pengusaha Tinjau IKN

Bhumandala Award ini diikuti kementerian, lembaga, TNI, Polri, serta pemerintah provinsi, kabupaten/kota yang mengolah data spasial secara tertib, terukur, dan terintegrasi.

Penghargaan Bhumandala Award ini dimaksudkan mendorong tata kelola data spasial berkualitas untuk Indonesia yang lebih baik. Ada empat kategori penghargaan dalam Bhumandala Award tahun ini.

Selain Parepare, daerah lainnya untuk kota yang menerima penghargaan adalah Mojokerto dan Padangpanjang.

Baca Juga : PAD Triwulan Pertama Pemkot Parepare Lampaui Target , RSUD Andi Makkasau Tertinggi

Untuk kabupaten, ada Kotabaru, Bangkalan, Berau, dan Tabalong. Sementara, untuk provinsi, ada Papua, Aceh, dan Lampung.

Dari Pemkot Parepare yang turut hadir mendampingi Wali Kota Parepare menerima penghargaan di antaranya Asisten I Setda Kota Parepare Amina Amin, Asisten II Suriani, Kepala Bappeda Samsuddin Taha, Sekretaris Bappeda Zulkarnaen Nasrun, Direktur RSUD Andi Makkasau Renny Anggraeny Sari, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Andi Ardian Asyraq, dan jajaran terkait lainnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#Bhumandala Award 2022 #Pemkot Parepare #taufan pawe