Sabtu, 26 November 2022 08:39

Empat Hari Pascagempa Cianjur, XL Axiata Fokus Pulihkan Jaringan dan Salurkan Bantuan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penjabat Group Head Central Region XL Axiata, Arif Farhan Budiyanto (kiri), melayani pelanggan yang merupakan warga terdampak di Posko Telepon Gratis milik XL Axiata, yang berada di RSUD Sayang Cianjur, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022). (Foto: XL Axiata)
Penjabat Group Head Central Region XL Axiata, Arif Farhan Budiyanto (kiri), melayani pelanggan yang merupakan warga terdampak di Posko Telepon Gratis milik XL Axiata, yang berada di RSUD Sayang Cianjur, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022). (Foto: XL Axiata)

XL Axiata terus berupaya melakukan percepatan pemulihan jaringan telekomunikasi dan data di wilayah-wilayah terdampak. Bersamaan dengan itu, penyaluran bantuan tanggap darurat ke sejumlah posko pengungsian di Cianjur telah dilakukan secara bertahap.

RAKYATKU.COM, CIANJUR - Empat hari pascagempa magnitudo (M) 5,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, masih terjadi sejumlah gempa susulan yang menyebabkan adanya gangguan pada jaringan dan layanan XL Axiata di beberapa titik karena padamnya aliran listrik.

XL Axiata terus berupaya melakukan percepatan pemulihan jaringan telekomunikasi dan data di wilayah-wilayah terdampak. Bersamaan dengan itu, penyaluran bantuan tanggap darurat ke sejumlah posko pengungsian di Cianjur telah dilakukan secara bertahap.

 

"Kami memastikan upaya percepatan pemulihan jaringan terus kami lakukan sesegera mungkin sehingga kelancaran komunikasi masyarakat dan petugas yang melakukan evakuasi dan bantuan dapat terlayani dengan baik. Kami juga berupaya memberikan dukungan dan bantuan bagi masyarakat yang menjadi korban di sejumlah lokasi dengan berbagai bentuk, misalnya layanan telepon umum gratis, bahan kebutuhan pokok, donasi, dan sebagainya," kata Arif Farhan Budiyanto, Penjabat Group Head Central Region XL Axiata, dalam keterangannya, Jumat (25/11/2022).

Pada hari keempat pascagempa Cianjur ini, XL Axiata telah menyalurkan sejumlah bantuan tanggap darurat.

XL Axiata menyediakan layanan bebas biaya telepon dan SMS. Bagi warga yang juga pelanggan XL, AXIS, dan XL Prioritas bisa menelepon dan kirim SMS ke sesama nomor pengguna XL Axiata. Sementara itu, untuk menelepon dan SMS ke nomor operator lain, pelanggan bisa mendapatkan 10 menit nelpon dan 10 SMS gratis.

Baca Juga : XL Axiata Sediakan Private Network Dukung Implementasi Digitalisasi Pertambangan di PT Vale

Selain itu, pelanggan juga masih mendapatkan kuota data sebesar 500 MB selama 4 hari dengan mengakses *505#. Inisiatif layanan ini telah dibuka sejak 21-24 November 2022 dan berlaku di lokasi bencana yaitu Cianjur hingga Sukabumi, Jawa Barat.

Lalu, XL Axiata melalui program XL Axiata Peduli menggandeng BenihBaik.com dalam menyalurkan secara langsung bantuan tanggap darurat ke sejumlah titik pengungsian yang tersebar di Cianjur. Penyaluran ini berlangsung secara bertahap.

Bantuan yang disalurkan pun disesuaikan dengan kebutuhan darurat para korban seperti air mineral, makanan ringan cepat saji, selimut, hingga popok bayi. Penyaluran ini turut bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Baca Juga : Libur Nataru, Trafik Data XL Axiata Naik Sampai 50 Persen

Selain itu, juga telah menyediakan posko telepon gratis yang bisa dimanfaatkan masyarakat yang terdampak gempa Cianjur. Salah satu posko berada di RSUD Sayang, yang berlokasi di Jalan Rumah Sakit Nomor 1, Kelurahan Bojongherang,. Sementara, posko lainnya dibuka secara mobile di beberapa posko pengungsian yang tersebar di Cianjur.

Sponsored by MGID

Di seluruh posko inipun XL Axiata menyediakan gratis kartu perdana XL bagi masyarakat yang membutuhkan. Kartu perdana ini telah dilengkapi dengan gratis telepon yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

Untuk memudahkan seluruh pelanggan, XL Axiata membuka saluran Donasi Pulsa. Untuk bisa berdonasi pulsa, pelanggan prabayar XL dan AXIS serta XL Prioritas cukup mengirimkan SMS ke 6116 dengan format Donasi <spasi> XLPEDULIBENCANA <spasi> nominal, untuk pelanggan XL dan XL Prioritas, serta Donasi <spasi> AXISPEDULIBENCANA <spasi> nominal bagi pelanggan AXIS. Selain SMS, pelanggan juga bisa berdonasi melalui *123#6116# pilih XLBerbagi_PEDULIBENCANA, dengan nominal mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 200.000. Seluruh hasil donasi dari pelanggan akan disalurkan untuk membantu korban terdampak Gempa Cianjur.

Dari sisi internal XL Axiata, manajemen pun secara sigap langsung turun ke lokasi bencana untuk meninjau dan memastikan kondisi karyawan terdampak di seluruh Cianjur. Sejumlah bantuan dalam bentuk kebutuhan pokok sehari-hari dan santunan dana disalurkan langsung oleh Group Head People Services & Facility Management XL Axiata, Ryyld Ipbtas Yusri, kepada karyawan dan keluarganya.

Baca Juga : Awal 2023, XL Axiata Hadirkan Bonus Double Kuota Setahun Penuh

Saat inipun, perusahaan telah membuka saluran donasi, khusus bagi karyawan yang ingin berpartisipasi dalam meringankan beban para korban bencana. Hasil dari donasi karyawan ini nantinya akan dikumpulkan untuk didonasikan dalam bentuk kebutuhan pokok bagi warga terdampak.

XL Axiata pun memastikan, pusat layanan pelanggan, XL Center, telah dibuka kembali dan beroperasi seperti biasa sejak Rabu (23/11/2022). Seluruh petugas pelayanan telah siap untuk melayani kebutuhan penggantian kartu yang hilang atau rusak, pengisian pulsa, hingga pembayaran tagihan.

XL Center Cianjur yang berlokasi di Jalan Ir. Haji Djuanda Nomor 38, Panembong, Mekarsari, beroperasi dari jam 10.00-14.00 WIB. Selama periode tanggap darurat, layanan penggantian kartu di XL Center dapat dilakukan secara gratis.

Baca Juga : Dear, Pelanggan XL dan AXIS! Ini Cara Mudah Upgrade ke USIM 4G

Sementara itu, bagi pelanggan yang tidak dapat datang langsung ke XL Center, tersedia layanan online untuk kebutuhan penggantian ataupun aktivasi kartu, yang dapat diakses melalui www.xl.co.id/xlcenter.

Hingga saat ini seluruh tim XL Axiata terus bersiaga sepanjang masa tanggap darurat, hingga 20 Desember 2022 mendatang. Untuk mendukung dan melayani kelancaran komunikasi masyarakat, XL Axiata memiliki lebih dari 560 BTS yang tersebar di wilayah Cianjur yang terdiri dari 280 BTS 4G dan lebih dari 270 BTS 2G.

Sementara itu, di wilayah Sukabumi terdapat lebih dari 1.200 BTS, dengan hampir 800 BTS di antaranya merupakan BTS 4G. Di seluruh Provinsi Jawa Barat, XL Axiata memiliki total lebih dari 27 ribu BTS, dengan lebih dari 17 ribu BTS 4G.

#XL Axiata #Gempa Cianjur