Kamis, 27 Oktober 2022 17:01

Sekda Hadiri Pelantikan Panwaslu Kecamatan se-Kota Palopo

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sekda Hadiri Pelantikan Panwaslu Kecamatan se-Kota Palopo

Diharap Panswaslu Kecamatan yang terpilih untuk mengawasi tahapan seluruh penyelenggaraan di tingkat kecamatan.

PALOPO - Sekretaris Daerah Kota Palopo, Firmanza DP menghadiri pelantikan dan pembekalan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan se-Kota Palopo di Hotel Agro Wisata. Kamis (27/10) 2022).

“Setelah pelantikan sudah menjadi panswaslu kecamatan semua tugas dan tanggung jawab sudah melekat kepada yang telah dilantik,” ujar Ketua Bawaslu Palopo, Asbudi Dwi Saputra.

Ia berharap kepada Panswaslu Kecamatan yang terpilih untuk mengawasi tahapan seluruh penyelenggaraan di tingkat kecamatan. "Dari sisi keilmuan harus segera ditingkatkan. Serta kita harus memiliki sifat ketokohan artinya ketika orang itu muncul mempunyai teladan, dan integritas,“ jelasnya.

Baca Juga : Pemkot Palopo dan Bank Sulselbar Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Sementara Sekda Palopo Firmanza dalam penyampaiannya mengatakan bahwa hari ini adalah suatu tahapan penting dalam menghadapi perhelatan politik di negara yang kita cintai. Kita menyadari bahwa posisi Panswaslu kecamatan dalam proses demokrasi itu sangat penting dan strategis, karena ia berfungsi sebagai lembaga yang di berikan mandat oleh Undang-Undang untuk memastikan penyelenggaraan pemilu telah berjalan sesuai konstitusi dengan memperhatikan asas langsung aman, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Dengan demikian keberadaan Panwaslu kecamatan sangat menentukan kualitas pemilu yang akan di laksanakan jika panswaslu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, maka dapat dipastikan bahwa proses demokrasi juga berjalan dengan baik,” paparnya.

"Kita berharap setiap tahapan dalam proses demokrasi ini, bisa dipertanggung jawabkan kualitasnya, sehingga kedepan proses demokrasi yang berkualitas dapat melahirkan pemimpin dan sistem yang juga berkualitas," lanjut dia.

Baca Juga : Pemkot Palopo Siapkan 43 Hektar Lahan untuk Gerakan Budidaya Pisang

Dikatakan juga bahwa Panswaslu harus memegang komitmen untuk mengawal suatu tahapan Pemilu ini dengan baik. “Sebagai Panswaslu kecamatan yang hari ini dilantik, ingat tugas kita adalah menjaga menjaga harkat/martabat bangsa dan negara kita, menjaga derajat kita dihadapan bangsa-bangsa lain yang senantiasa meneropong dinamika politik dan proses demokrasi di negara kita,” tandasnya.

#pemkot palopo