Rabu, 23 November 2022 10:28

Asmo Sulsel Berbagi Tips Rawat Motor di Musim Hujan, Nindyatama: Harus Lebih Extra

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Asmo Sulsel Berbagi Tips Rawat Motor di Musim Hujan, Nindyatama: Harus Lebih Extra

Sering mengecek kendaraan utamanya di kondisi jalan basah karena habis hujan atau sementara hujan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR-- Astra Motor Sulawesi Selatan selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, membagikan tips merawat motor saat musim hujan. Tujuannya agar motor tetap prima yang membuat pengendara nyaman dan aman.

Technical Service Manager Astra Motor Sulawesi Selatan, Ignatius Nindyatama, mengatakan bahwa perawatan motor akan lebih ekstra di musim hujan. Hal itu karena air hujan yang mengandung zat asam tinggi berpotensi merusak suku cadang dan membasahi komponen pengapian.

 

"Jika itu terjadi, motor akan mogok di jalan. Maka dari itu, kita harus merawat motor dengan lebih ekstra saat musim hujan," kata Ignatius di Kota Makasar, Rabu (23/11/22).

Baca Juga : Kini Giliran SMAN 21 yang di Sambangi ASMO Sulsel dalam Kegiatan Coaching Clinic

Ignatius pun membagikan beberapa tips untuk merawat motor tetap prima di musim hujan :

1. Cuci motor dengan rutin.

Itu perlu dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang menempel sekaligus membasuh sisa-sisa air hujan di motor. Jangan beranggapan bahwa mencuci motor saat hujan itu sia-sia. Justru sebaliknya, saat musim hujan, motor harus sering dicuci agar kotoran dan sisa air hujan yang menempel tidak mengganggu performa motor.

Baca Juga : Periksa dan Ganti Oli Kendaraan Secara Berkala, Agar Mesin Lebih Awet dan Tahan Lama

2. Cek busi yang merupakan titik awal pengapian.

Sponsored by MGID

Pengecekan menjadi krusial untuk memastikan busi tetap kering. Genangan air di jalan berpotensi masuk ke bagian busi. Rajin-rajin mengecek busi. Jangan sampai, busi kemasukan air. Itu bisa buat motor mogok. Kita bisa menggunakan kain lap untuk memastikan busi tetap kering dan proses perapian berjalan lancar.

3. Pastikan permukaan dan tekanan angin ban baik.

Baca Juga : Dapatkan Promo Special Imlek DP Mulai Rp900 Ribu

Saat musim hujan, kondisi jalan akan licin sehingga rentan terjadi kecelakaan. Jika permukaan ban sudah halus, katanya, harus segera diganti untuk menghindari kecelakaan karena terpeleset. Penting juga memastikan tekanan angin pada ban. Genangan air hujan membuat lubang di jalan tidak terlihat dan kita melewatinya. Jika tekanan angin pada ban tidak bagus, itu berpotensi menyebabkan kebocoran.

4. Cek kondisi rantai.

Rantai menjadi komponen yang sering terkena cipratan air. Itu membuat pelumas pada rantai hilang dan berkarat. Kita harus rutin membersihkan rantai motor. Jangan lupa, saat membersihkan, kita harus memberikan pelumas supaya rantai bisa berjalan optimal.

Baca Juga : Kunjungi Honda Sport Motoshow 2023, Dapatkan Berbagai Penawaran Menarik

5. Periksa dan bersihkan kampas rem.

Rem motor kerap berdecit saat hujan karena basah. Selain itu, pasir-pasir pun bisa menempel di rem yang membuat rem tidak berjalan optimal. Maka penting untuk membersihkan rem. Agar suara berdecit hilang, kita bisa menginjak pedal rem beberapa kali agar kampas rem kering dan terbebas dari pasir yang menempel.

"Merawat motor di musim hujan itu gampang-gampan susah. Namun, kita bisa menerapkan tips di atas supaya motor tetap prima dan kita pun bisa berkendara dengan aman dan nyaman," ucapnya.

#asmo sulsel #astra honda motor sulsel #Tips Rawat Motor di Musim Hujan