Selasa, 22 November 2022 20:14

Tujuh Hal Penting untuk Dilakukan Saat Berkomunikasi di PUBGM

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Pada artikel ini, kami akan membagikan hal-hal penting apa saja yang harus dilakukan saat berkomunikasi dengan tim.

RAKYATKU.COM - PUBGM adalah salah satu game battle royale terbaik yang bisa kamu mainkan di ponsel saat ini.

Selain visual yang bagus dan animasi tembak-menembak yang luar biasa, game ini sangat menyenangkan untuk dimainkan bersama teman.

Namun, jika kamu sudah menguasai map dan lebih jitu menembak musuh, tentunya lawan yang kamu temui akan lebih sulit juga.

Baca Juga : 240 Peserta Ramaikan Ajang eSports Irpan PUBG Mobile Competition

Di game battle royale ini, kamu dapat bermain match baik secara solo, duo, hingga beregu 4 orang. Saat bermain duo atau regu, komunikasi yang baik adalah salah satu kunci utama untuk meraih chicken dinner.

Tanpa hal tersebut, kamu akan lebih mudah dikalahkan oleh tim lain, terutama jika hanya ada sepuluh tim dalam match tersebut.

Pada artikel ini, kami akan membagikan hal-hal penting apa saja yang harus dilakukan saat berkomunikasi dengan tim.

Baca Juga : Bulan Depan, Enrekang Tana Duri Gaming Gelar Kompetisi PUBG Mobile

1. Voice Chat On atau Off
Fitur voice chat pada PUBGM bisa jadi sangat berguna atau malah sangat mengganggu, tergantung bagaimana sebuah tim menggunakannya. Jika kamu bermain dengan orang yang kamu kenal, pastinya voice chat akan sangat membantu.

Sedangkan, kalau kamu satu tim dengan pemain yang asing, maka itu bisa jadi sebuah masalah. Kerap kali kamu tidak bisa mendengar apa yang dikatakan orang lain karena mikrofon yang buruk atau mereka hanya bergumam saja. Lebih baik matikan saja dan hindari masalah komunikasi yang memusingkan.

Untuk mematikan, cukup klik tombol speaker atau mic di kanan atas, di samping mini-map. Kamu bisa memilih “All'', “Team”, atau “Off”. Dengan opsi "All" berarti kamu dapat mendengar atau bahkan berbicara ke arah lawan. Sedangkan "Team" bisa dipilih jika hanya ingin berbicara atau mendengar percakapan rekan satu tim. Terakhir, pilih "Off" jika tidak ingin mendengar atau berbicara dengan siapa pun. Kami sangat menyarankan opsi terakhir jika kamu bermain dengan pemain yang asing.

Baca Juga : Bulan Depan, Enrekang Tana Duri Gaming Gelar Kompetisi PUBG Mobile

2. Hindari Komunikasi yang Tidak Jelas
Jika kamu mengaktifkan voice chat, maka tips selanjutnya adalah berhenti bersikap tidak jelas saat berkomunikasi.

Contohnya seperti mengatakan "ada musuh di dekat sini", "ayo turun ke tempat peti berada", atau "saya melihat tank di sana". Hal tersebut tentunya menjengkelkan karena informasi tersebut tidak berguna, tidak spesifik, dan malah mengganggu.

Pertama, kuasai map terlebih dahulu. Ada beberapa map di PUBGM, dan cara latihan terbaik adalah dengan main berulang kali hingga kamu bisa hafal nama-nama tempat di dalamnya. Jika kamu hafal, pastinya mengkomunikasi ke mana harus pergi akan lebih mudah.

Baca Juga : Bulan Depan, Enrekang Tana Duri Gaming Gelar Kompetisi PUBG Mobile

Kedua adalah belajar tentang kendaraan, senjata, dan amunisi. Coba pelajari senjata mana yang bagus untuk mid-fight, late-game, serta mobil mana yang paling cocok untuk digunakan di map yang berbeda.

Terakhir, jangan panik saat berkomunikasi. Memang akan terasa lebih sulit untuk berbicara ketika berada di tengah baku tembak. Tapi cobalah untuk tetap tenang, beri tahu koordinat musuh, dan buat aba-aba ketika ingin menyergap lawan bersama-sama.

3. Koordinasi dengan Map Marker atau Gunakan Mini Map
Marker bisa sangat membantu dalam game. Pilih bagian mana saja dari map dan secara otomatis akan ditandai sesuai dengan warnamu (kuning, biru, dll.). Marker berkode warna digunakan untuk memberitahu siapa yang menandainya di peta.

Baca Juga : Bulan Depan, Enrekang Tana Duri Gaming Gelar Kompetisi PUBG Mobile

Membuka full map juga dapat menunjukkan di mana area safe zone, serta melihat nama-nama tempat yang dapat membantumu berkoordinasi dengan tim lebih mudah.

Sedangkan untuk mini map, dua cara untuk menggunakannya adalah dengan memeriksa dari mana asal tembakan, dan apakah ada lawan di sekitar. Icon tembakan akan muncul di mini map mengarah pada asalnya, sedangkan icon pada kaki akan menunjukkan perkiraan lokasi asalnya.

4. Pelajari Cara Navigasi Kompas
Kompas cukup penting di PUBGM. Dengannya, kamu bisa mengkomunikasikan lokasi ketika melihat lawan atau mendengar suara tembakan. Kamu juga dapat melihat penanda yang ditempatkan di map, yang cukup membantu.

Baca Juga : Bulan Depan, Enrekang Tana Duri Gaming Gelar Kompetisi PUBG Mobile

Contoh yang baik ketika berkomunikasi dengan kompas adalah "tembakan dari 30 NE atau 345 N dari lokasiku". Cara ini jauh lebih baik ketimbang mengatakan "tembakan dari arah kanan", yang agak membingungkan rekan satu tim karena sebelah kanan mereka bisa saja tidak sama dengan sebelah kananmu, apalagi saat berusaha berlindung dari sergapan lawan.

5. Gunakan “Follow Me” dan Tentukan Lokasi Drop
Follow Me adalah fitur di PUBGM yang dapat membantumu berkumpul dengan tim lebih mudah dengan mengikuti seorang anggota tim. Sehingga ketika terjun dari pesawat, kamu tidak akan tertinggal sendirian.

Salah satu hal yang paling penting di sini ialah mengetahui lokasi pendaratan mana yang ingin dituju. Hal tersebut akan menentukan seberapa baik loot yang bisa kamu dapatkan. Namun, ada baiknya untuk mendiskusikan terlebih dahulu dengan pemimpin. Jika tidak, bisa saja kamu malah mendarat di tempat dengan loot yang kurang baik.

Baca Juga : Bulan Depan, Enrekang Tana Duri Gaming Gelar Kompetisi PUBG Mobile

6. Ping untuk Item Bagus dan Lokasi Lawan
Cara lain untuk berkomunikasi dengan rekan satu tim ketika mematikan voice chat adalah dengan ping ke item ataupun lokasi musuh. Jika kamu berhasil menemukan item bagus yang tidak kamu perlukan, seperti AKM misalnya, ping item tersebut agar rekan satu tim dapat mengetahui lokasi untuk mengambilnya.

Sama halnya ketika kamu melihat lawan. Jangan lupa untuk memberi tanda di mana musuh terakhir terlihat, dan perkiraan jarak di mana mereka berada. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk mencatat perkiraan lokasi lawan.

7. Manfaatkan Fitur Quick Chats
Mirip dengan ping, kamu dapat menggunakan antarmuka pengguna komunikasi yang sama seperti mengatakan “tetap waspada”, “ayo pergi”, dan masih banyak lagi. Ini adalah cara efektif lainnya untuk berkomunikasi tanpa harus berbicara atau menyalakan voice chat.

Baca Juga : Bulan Depan, Enrekang Tana Duri Gaming Gelar Kompetisi PUBG Mobile

Hebatnya, fitur ini mengizinkanmu untuk mengatur dan menyesuaikan pesan di quick chat sesuai dengan keinginan. Dengan fitur ini, kamu bisa membuat info taktis versimu sendiri jauh lebih mudah.

Dengan begitu sudah jelas bahwa tidak perlu menggunakan voice chat untuk bisa berkomunikasi secara efektif dengan tim.

Kesimpulan
PUBGM bisa jadi game yang menantang baik dimainkan dengan orang asing maupun dengan rekan satu tim. Dengan mengetahui cara berkomunikasi yang benar, kamu bisa memberikan hasil yang lebih baik dan berpeluang lebih tinggi untuk memenangkan pertempuran. Tentunya, chicken dinner akan semakin mudah diraih juga.

Baca Juga : Bulan Depan, Enrekang Tana Duri Gaming Gelar Kompetisi PUBG Mobile

Jika kamu ada saran lain tentang cara berkomunikasi yang lebih baik dengan tim, beri tahu kami di bagian komentar di bawah, ya. Dan jika kamu membutuhkan UC PUBG Mobile, jangan lupa untuk melakukan top up dari OffGamers, di sini, sekarang juga!

#PUBG Mobile