Minggu, 20 November 2022 09:53

Cuaca Extreme, Kemenkumham Sulsel Bentuk Satgas Tanggap Darurat Bencana

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Cuaca Extreme, Kemenkumham Sulsel Bentuk Satgas Tanggap Darurat Bencana

"Jadi intinya, kita sedia payung sebelum terjadi hujan yang artinya mengantisipasi kemungkinan terjadinya masalah sebelum itu terjadi,"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kantor Wilayah Kementerinan Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenkumham Sulsel), membentuk Satuan Petugas (Satgas) tanggap darurat bencana.

Tim ini dibentuk pada Rapat yang digelar Kakanwil bersama para Kepala Divisi dan Pejabat Pengawas di Ruang Rapat Kantor Wilayah, Sabtu (19/11).

 

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak menyampaikan tanggap satgas tanggap darurat ini dibentuk karena cuaca yang cukup ekstrim beberapa waktu terakhir. Dikatakan peran dari tim ini untuk melakukan penanganan terhadap adanya bencana pada Satuan Kerja dan pegawai di sekitar Satker lingkup Kanwil Kemenkumham Sulsel. 

Baca Juga : Lapas Perempuan Sungguminasa Ajari WBP Buat Roti

"Tim ini juga akan melakukan inventarisasi dan melakukan manajemen resiko terhadap pencegahan bencana di seluruh satuan kerja di Sulawesi Selatan. Selain itu, tim ini akan memberikan bantuan kepada yang mengalami bencana baik berupa dana dan kebutuhan primer atau sekunder," ungkap Liberti.

Lebih lanjut, Kakanwil mengatakan, tim ini akan melakukan koordinasi dan kolaborasi yang intens dengan intansi terkait seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), serta dengan Kepolisian terkait penanganan dan pencegahan gangguan Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) pada Lapas/Rutan.

Sementara itu, Kepala Divisi Administrasi, Sirajuddin  menyampaikan bahwa pembentukan ini memang sangat penting dan menjadi antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ketika terjadi bencana.

Baca Juga : Wawali Makassar Turun Langsung ke Pengungsian, Masak Makanan Untuk Korban Banjir

"Jadi intinya, kita sedia payung sebelum terjadi hujan yang artinya mengantisipasi kemungkinan terjadinya masalah sebelum itu terjadi," tambah Sirajuddin.

Sponsored by MGID

Kadiv Administrasi juga menegaskan agar jajaran pegawai Kemenkumham se-Sulsel untuk saling membantu dan saling bahu-membahu jika ada yang terdampak bencana.

Secara kolektif, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Sulsel, Nur Ichwan dipilih menjadi koordinator tim. Tim Bawah Kendali Operasional (BKO) Kanwil Sulsel disiagakan untuk siap sedia melakukan penanganan bencana di seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemenkumham se-Sulsel.

Baca Juga : Pemkot Makassar Siapkan 11 Titik Pengungsian Korban Banjir di Kecamatan Manggala

Selain itu, Para Kepala UPT juga diminta untuk membentuk Tim Penanganan Bencana di daerah-daerah dan Kakanwil memerintahkan agar mereka intens melakukan koordinasi dengan instansi terkait.

#kemenkumham #cuaca Extreme #banjir