Senin, 14 November 2022 10:07

Joe Biden Hadiri KTT G20 Bali Dengan Membawa Limosin Khusus Anti Peluru

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Mobil limosin lapis baja khusus Presiden AS memiliki julukan The Beast. (AFP PHOTO / SAUL LOEB)
Mobil limosin lapis baja khusus Presiden AS memiliki julukan The Beast. (AFP PHOTO / SAUL LOEB)

The Beast juga dibekali fitur seperti run-flat tyre, perlengkapan penglihatan malam hari, suplai oksigen, telepon satelit, dan kode nuklir. Mobil ini juga bisa menembakkan tabung gas ke luar melalui bumper depan.

RAKYATKU.COM - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden telah tiba di Bali untuk mengikuti puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Minggu (13/11) malam.

Joe Biden turun dari Pesawat Air Force One di Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai sekitar pukul 22.14 Wita terlihat menaiki mobil dinas kepresidenan Amerika Serikat.

Orang nomor satu di negeri Paman Sam ini memboyong mobil andalannya yang dikenal dengan julukan The Beast.

Baca Juga : Rapat Dadakan di Bali, Joe Biden Sebut Tak Mungkin Rudal Jatuh di Polandia Ditembakkan dari Rusia

The Beast, merupakan limosin khusus yang digunakan Biden sejak ia menjabat sebagai Presiden AS ke-46 pada Januari 2021 silam.

The Beast yang digunakan mengantarnya ke lokasi pelantikan di Gedung Putih saat itu dipercaya unit yang sama digunakan petahana Donald Trump. Meski begitu terdapat pembeda yang jelas yakni The Beast yang dipakai Biden memakai pelat nomor '46'.

Alasan Biden tak dapat mobil baru seperti Barack Obama pada 2009 tak mau dijelaskan oleh Secret Service menurut Fox News.

Baca Juga : Xi Jinping Tegas ke Biden Soal Taiwan, Garis Batas Pertama yang Tidak Boleh Dilanggar

The Beast pada era Trump datang pada 2018, mobil ini, sama seperti versi Obama, dibuat oleh General Motors (GM) dengan kamuflase desain sedan Cadillac.

The Beast digunakan Joe Biden adalah mobil misterius.

Secret Service yang mengoperasikan The Beast tak pernah mengungkap soal spesifikasinya, namun sebagian informasi soal itu telah diungkap banyak pihak.

Baca Juga : Presiden Jokowi: Kita Perlu WHO Lebih Kuat dan Bertaring

Car and Driver menjelaskan The Beast yang melayani Biden dibuat dari sasis truk kelas berat GMC TopKick, namun eksteriornya dirangkai seperti limosin yang mirip sedan Cadillac CT6 atau XTS.

Penampilan sedan bisa membuat orang terkecoh soal dimensinya, tapi sebenarnya The Beast berukuran lebih besar dari SUV atau truk.

Car and Driver menyatakan mesin yang digunakan The Beast tidak diketahui, namun dijelaskan butuh unit bertenaga kuat untuk menggerakkan mobil ini yang beratnya disebut 15 ribu pound atau sekitar 6,8 ton.

Baca Juga : Hadiri Global Food Security Forum G20, Ayman Adnan Jadi Peserta Satu-Satunya dari Direksi BUMD se-Indonesia

Semua limusin untuk presiden ini dirancang dengan tingkat keamanan super tinggi. Terapan keamanan seperti kaca 5 inci dan pintu 8 inci yang dikatakan sama seperti pintu pesawat komersial.

The Beast juga dikatakan dirancang menggunakan titanium, keramik, dan pelat antibom yang dipasang di bagian bawah.

The Beast juga dibekali fitur seperti run-flat tyre, perlengkapan penglihatan malam hari, suplai oksigen, telepon satelit, dan kode nuklir. Mobil ini juga bisa menembakkan tabung gas ke luar melalui bumper depan.

Baca Juga : Presiden China Xi Jinping Tiba di Bali

Mesin untuk The Beast disinyalir diesel 5.000 cc. Ini dipilih lantaran bahan bakar diesel tak mudah terbakar meski pada situasi kondisi sedang baku tembak.

Selain itu The Beast menyimpan golongan darah presiden, lengkap dengan defibrilator dan perlengkapan darurat lainnya.

The Beast juga punya alat transportasi sendiri berupa pesawat kargo Globemaster C-17 untuk mengangkutnya kemana pun presiden pergi.

Baca Juga : Presiden China Xi Jinping Tiba di Bali

Sumber: cnnindonesia.com

#KTT G20 Bali