Sabtu, 12 November 2022 15:17

Tudang Sipulung IKA Smada Makassar Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Gowa

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tudang Sipulung IKA Smada Makassar Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Gowa

Kegiatan ini diikuti sekitar 3.000 orang alumni yang berasal dari perwakilan masing-masing angkatan mulai tahun 1957 hingga 2022 Smada Makassar.

GOWA -- Pelaksanaan Tudang Sipulung Nasional (TSN) Ikatan Alumni (IKA) SMA Negeri 2 (Smada) Makassar yang dipusatkan di Malino, Kecamatan Tinggimoncong dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Hal ini diungkapkan, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan pada Pembukaan TSN IKA Smada Makassar yang dipusatkan di Kawasan Hutan Pinus Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sabtu (12/11).

Ia mengungkapkan setelah dua tahun dilanda krisis karena adanya pandemi Covid-19 yang berimplikasi terhadap turunnya pendapatan masyarakat, namun hari ini dengan kehadiran seluruh IKA Smada Makassar mampu membantu ekonomi masyarakat.

Baca Juga : Kompleks Makam Arung Palakka dan Karaeng Pattingalloang Direvitalisasi, Bupati Gowa Apresiasi Polda Sulsel

"Terima kasih atas kehadiran kita semua. Alhamdulillah dengan hadirnya seluruh IKA Smada ditempat ini maka Insya Allah kebangkitan ekonomi akan terlihat di Malino," ungkap Adnan yang juga merupakan alumni Smada 2004.

Pada kesempatan itu, dirinya juga menyebut sebagai tuan rumah tentu ada kekurangan. Akan tetapi kegiatan untuk menjalin silaturahmi antar alumni tersebut bisa meningkatkan hubungan emosional.

"Atas nama pemerintah mewakili masyarakat menyampaikan maaf yang sebesar-besarnya. Semoga kita semakin kuat, semakin sehat semakin kompak dalam bingkai kebersamaan," harapnya.

Baca Juga : Hadiri Sertijab Pangdivif 3 Kostrad, Bupati Gowa Harap Kerja Sama Terus Terjalin

Sementara Ketua Panitia TSN IKA Smada Makassar, Rudy P. Goni, mengaku kegiatan ini diikuti sekitar 3.000 orang alumni yang berasal dari perwakilan masing-masing angkatan mulai tahun 1957 hingga 2022. Para alumni yang hadir ini tidak hanya dari Makassar saja tetapi juga dari berbagai daerah di Indonesia bahkan ada yang hadir langsung dari luar negeri seperti dari Jepang dan Sidney.

"TSN IKA Smada Makassar berlangsung selama tiga hari ini yakni 11 hingga 13 November 2022 diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya Family Gathering, Bakti Sosial, Kompetisi Angkatan, Penghijauan, Tenant UMKM, Live Music Grup Band Gigi dan Games," sebutnya.

Tak hanya itu, selama tiga hari pelaksanaan ini kata Rudi, pihaknya menggunakan 98 villa sehingga membantu usaha penginapan masyarakat Gowa khususnya masyarakat Malino. Bahkan panitia juga menyediakan tenant-tenant untuk menumbuhkan UMKM.

Baca Juga : Hari Kesadaran Nasional, Wabup Gowa Ingatkan Tanggung Jawab ASN

"Acara ini spektakuler dipersembahkan oleh IKA Smada Makassar, acara yang mungkin sulit untuk ditiru oleh alumni IKA yang lain. Bukan cuma 3.000 alumni yang hadir, tapi kurang lebih 98 villa yang dipakai oleh alumni Smada Makassar," jelasnya.

Pembukaan ini juga turut dihadiri langsung oleh Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) IKA Smada Makassar, Mayjen TNI (Purn.) Marga Taufiq bersama para Ketua IKA Smada perwakilan daerah.

#Pemkab Gowa #adnan purichta ichsan #Ikasmada