Rabu, 09 November 2022 14:42

CEO PT Vale Masuk Daftar 20 Women on the 2022 Asia’s Power Businesswomen Versi Forbes

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
CEO PT Vale Indonesia Tbk., Febriany Eddy.
CEO PT Vale Indonesia Tbk., Febriany Eddy.

Forbes mendeskripsikan Febriany Eddy sebagai satu dari sangat sedikit perempuan di dunia yang mengendalikan operasi tambang besar.

RAKYATKU.COM - CEO PT Vale Indonesia Tbk., Febriany Eddy, masuk dalam daftar 20 pemimpin bisnis perempuan paling "powerful" di Asia.

Perempuan top di Asia yang masuk ke dalam daftar ini dianggap berhasil menjalankan strategi yang membantu bisnis mereka gemilang pada saat terjadi masa-masa ketidakpastian karena new normal imbas pandemi Covid-19.

Forbes mendeskripsikan Febry sebagai satu dari sangat sedikit perempuan di dunia yang mengendalikan operasi tambang besar. Febry juga disebut sebagai pemimpin perempuan pertama dalam industri pertambangan di Indonesia.

Baca Juga : Komisi VII DPR RI Dukung PT Vale Terus Jalankan Pertambangan Berkelanjutan

Febry, lulusan akuntansi Universitas Indonesia (UI), penyandang gelar MBA dari joint program of UCLA Anderson School of Management and National University of Singapore, pertama kali berkenalan dengan dunia tambang sejak 15 tahun lalu. Kala itu, dia bersama lembaga konsultan global PricewaterhouseCoopers, dan mendapatkan tugas untuk menjadi konsultan perusahaan tambang.

Belasan tahun berlalu, Febry kini menjadi nakhoda dan memimpin proyek pengembangan besar dari PT Vale, untuk ekspansi ke dua provinsi lainnya di Indonesia.

Selain itu, salah satu legacy Febry di PT Vale adalah merancang dan memulai pelaksanaan peta jalan rendah karbon. Melalui peta jalan ini, PT Vale menargetkan penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 33 persen pada 2030 dan 0 persen atau zero net carbon emission pada 2050.

Baca Juga : PT Vale Pastikan Operasional Tanamalia Terapkan Good Mining Practices

Febry menyatakan, sorotan Forbes untuk dirinya juga menjadi motivasi bagi perempuan di dunia tambang. “Saya mendorong lebih banyak kesetaraan opportunity atau kesempatan untuk perempuan, untuk berkontribusi di dunia tambang," kata Febry dalam keterangannya, Rabu (9/11/2022).

Dia menyampaikan rasa syukur atas apresiasi tersebut. “Saya merasa bersyukur terhadap apresiasi ini. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan semangat bagi keluarga besar PT Vale bahwa apa yang kita lakukan ternyata mendapat perhatian dari dunia luar. Mari kita jalankan peranan kita untuk mentransformasikan nikel, untuk meningkatkan kualitas hidup dan membangun masa depan yang lebih baik," ungkapnya.

Sebelumnya, pada Juni 2022 Forbes juga menobatkan Febry sebagai perempuan paling inspiratif. Dia dinilai sebagai seorang perempuan dan CEO yang mampu memberikan inspirasi bagi perempuan lainnya di dunia, khususnya di sektor pertambangan.

#Febriany Eddy #PT Vale Indonesia