Kamis, 28 Juli 2022 21:53

Indah Berharap Pelayanan Sosial Makin Responsif

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani bersama Anggota DPRD Sulsel, Jufri Sambara saat menghadiri kegiatan Sosialiasi Program SLRT
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani bersama Anggota DPRD Sulsel, Jufri Sambara saat menghadiri kegiatan Sosialiasi Program SLRT

“Masalah sosial tidak akan pernah selesai, banyak dinamikanya dan terus berkembang tetapi paling tidak kita menjadi bagian dalam upaya peningkatan kesejahteraan sosial,”

RAKYATKU.COM - Program nasional Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) harus terintegrasi dengan Pemda. Mulai dari level tertinggi hingga level terendah, yakni desa/kelurahan. Pembentukan SLRT serta puskesos merupakan amanah RPJMN. 

Program nasional ini merupakan wujud perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten yang membantu masyarakat dan pemerintah daerah untuk mengidentifikasi keluhan dan kebutuhan masyarakat fakir miskin dan orang tidak mampu.

Kemensos RI melalui Dirjen Pemberdayaan Sosial menetapkan 150 kabupaten / kota yang tersebar di 32 provinsi salah satunya Kabupaten Luwu Utara sebagai lokasi pelaksanaan SLRT.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

“Keberhasilan pelaksanaan SLRT di tingkat kabupaten serta Puskesos di desa dan kelurahan membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penyelenggara SLRT di Luwu Utara harus mampu memperkuat jejaring kerja guna percepatan penanggulangan kemiskinan di Luwu Utara,” kata Indah dalam sambutan pembukaan kegiatan Sosialisasi Program Sistem Layanan Rujukan Terpadu di Hotel Elegant, Kamis (28/7).

Penguatan kapasitas penyelenggara disebut menjadi kunci dalam sukses penyelenggaraan kegiatan. Terlebih kegiatan ini sejalan dengan visi misi RPJMD  Luwu Utara  2021-2026.

“Karena tidak akan optimal jika penyelenggara tidak paham. Sementara kita berharap dengan terbentuknya  SLRT dan Puskesos diikuti dengan tenaga yang terampil maka akan membantu pemerintah dalam upaya penanggulangan fakir miskin dan orang tidak mampu, sekaligus melakukan proses edukasi kepada masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

Olehnya itu, ia berharap pembentukan SLRT akan mendukung pelayanan sosial yang semakin responsif, komprehensif, dan integratif.

“Masalah sosial tidak akan pernah selesai, banyak dinamikanya dan terus berkembang tetapi paling tidak kita menjadi bagian dalam upaya peningkatan kesejahteraan sosial,” tuturnya.

Indah juga mengapresiasi kehadiran Anggota DPRD Sulsel, Jufri Sambara yang mengusulkan kegiatan tersebut. Juga Dinas Sosial Provinsi Sulsel yang menempatkan kegiatan ini di Luwu Utara.

Baca Juga : Disdikbud Luwu Utara Santuni Ratusan Yatim Piatu

“Kami sangat mengapresiasi pak dewan yang telah datang dan mengusulkan kegiatan ini meski Luwu Utara bukan dapil beliau. Artinya pak dewan datang karena komitmen kemanusiaan. Ini baru langkah awal, harus ada lagkah selanjutnya agar kemanfaatannya betul-betul dapat dirasakan,” katanya.

#Indah Putri Indriani #Pemkab Lutra