Rabu, 28 September 2022 21:59

Bupati Lutra Rapat Pemantauan Pilkades Serentak Dengan Ditjen Bina Pemdes

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
"Rapat Pemantauan Pilkades Serentak 2022 Kabupaten Luwu Utara yang digelar secara virtual, Rabu (28/9/2022), di Aula La Galigo
"Rapat Pemantauan Pilkades Serentak 2022 Kabupaten Luwu Utara yang digelar secara virtual, Rabu (28/9/2022), di Aula La Galigo

“Pengamanan kita berkoordinasi dengan Polres, Kodim, Satpol PP dan Damkar, serta Linmas di 23 desa yang melaksanakan Pilkades,”

RAKYATKU.COM - Direktur Jenderal Bina Pemdes Kemendagri, Yusharto Huntoyungo mengapresiasi Pemda Luwu Utara atas terselenggaranya Pilkades Serentak 2022. Hal ini seperti disampaikan saat Rapat Pemantauan Pilkades Serentak 2022 Kabupaten Luwu Utara yang digelar virtual, Rabu (28/9/2022)

“Kami mengapresiasi bahwa di Luwu Utara pesta demokrasi dari hari ke hari semakin baik,” kata Yusharto.

Yusharto meminta kepada masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan serta memperkuat koordinasi dengan forkopimda demi stabilitas kemanan di daerah.

“Dalam menghadapi kondisi pemilihan saat ini, termasuk di masa pandemi COVID-19, maka diharapkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan serta memperkuat koordinasi dengan Forkopimda agar tetap menjaga protokol kesehatan serta kondusivitas dan stabilitas keamanan di masing-masing daerah,” jelas  Yusharto Huntoyungo.

Dalam rapat tersebut, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani melaporkan Pilkades Serentak dilaksanakan di 23 desa atau 13,85% dari jumlah desa di Luwu Utara. Jumlah DPT 33.121 jiwa dan jumlah TPS 82. Sementara jumlah Calon Kepala Desa (Cakades) yang ikut Pilkades sebanyak 68 orang.

“Pengamanan kita berkoordinasi dengan Polres, Kodim, Satpol PP dan Damkar, serta Linmas di 23 desa yang melaksanakan Pilkades,” katanya.

Indah juga menyebut telah melakukan pencegahan terjadi kerumunan saat Pesta Pilkades seperti kampanye melalui media cetak dan elektronik atau media sosial. Pengawasan intensif terhadap pertemuan terbatas, maksimal diikuti 50 orang pun dilakukan. Para Cakades pun telah menandatangani pernyataan siap kalah dan siap menang.

Pada tahap pemilihan, batas maksimal 500 DPT per TPS dengan penentuan lokasi TPS dipilih yang paling representatif. Penambahan bilik suara di TPS dilakukan guna meminimalisasi kontak antara satu bilik suara dengan yang lainnya. Jadwal kehadiran bagi pemilih pun ditentukan termasuk jalur masuk dan keluar setelah memilih dipisahkan. Pembatasan waktu selama ada di TPS dan mendayagunakan satuan tugas penanganan COVID-19 berjenjang untuk membantu tim pengamanan dalam mengondisikan kerumunan di area TPS.

Indah menyebut, dukungan TNI, Polri, DPRD, Kejaksaan, Pemerintah Kecematan dan lain sebagainya, akan sangat berarti untuk memastikan kualitas penyelenggaran Pilkades serentak di Luwu Utara berjalan lancar, tertib dan aman.

“Semoga ini akan memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas demokrasi kita secara keseluruhan,” katanya.

#Indah Putri Indriani #Pemkab Lutra