Senin, 07 November 2022 13:26

Rakernis Apeksi Remi Dibuka, Bahas Soal Penghapusan Honorer Hingga Ancaman Resesi

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rakernis Apeksi Remi Dibuka, Bahas Soal Penghapusan Honorer Hingga Ancaman Resesi

"Ini adalah Rapat Kerja Teknis dari semua kota diramu di sini. Banyak Persoalan kota diramu di sini"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Rakernis Apeksi yang dilaksanakan di Kota Makassar secara resmi dibuka Senin 7 November 2022. Kegiatan yang akan dilaksanakan hingga tanggal 9 November dibuka secara langsung oleh Ketua Umum Apeksi, Bima Arya.

Dalam sambutannya, Danny Pomanto, Walikota Makassar yang menjadi tuan rumah kegiatan menyampaikan terimakasih dan memuji atas kehadiran Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

"Saya tahu bahwa beliau ada agenda rups tapi menyempatkan diri hadir untuk menyambut tamu dari seluruh Indonesia. Beliau adalah Gubernur termuda. Terimakasih atas kesempatannya hadir," kata Danny.

Baca Juga : Kepala Bappeda dampingi Walikota Makassar Sambut Kunjungan Kapolda Sulsel

Danny mengatakan, kegiatan ini sangat penting untuk kelanjutan pembangunan kota-kota di Indonesia ke depan. Ia mengatakan kegiatan yang juga dihadiri oleh enam delegasi negara ini dirangkaikan dengan Makassar Internasional Forum.

"Ini adalah Rapat Kerja Teknis dari semua kota. Banyak Persoalan kota diramu di sini. Dalam kesempatan ini kami juga mengundang bapak ibu untuk menghadiri Ulang Tahun Makassar pada tanggal 9. Kehadiran bapak ibu merupakan kebanggaan seluruh warga Kota Makassar," jelasnya.

Sementara itu, Bima Arya menyatakan kegiatan ini baru pemanasan. Rakernas tahun depan juga akan dilaksanakan di Makassar. Ia juga menyebut sejumlah hal penting akan dibahas seperti penghapusan honorer dan ancaman resesi.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Lantik dan Ambil Sumpah 624 ASN PPPK

"Rencana penghapusan honorer tidak mudah bagi kita. Menghentikan honorer di bidang pendidikan, kesehatan dan keamanan. Banyak staf kelurahan (honor) yang betul-betul membantu, pendidik dan tenaga kesehatan. Ini sangat membutuhkan formula yang tepat," kata Bima.

"Di satu sisi kita paham pelaksanaan undang-undang. Kalau sesuai jadwal, November tahun depan, maka pelayanan publik akan lumpuh. Bukannya kita berbeda dengan pemerintah tetapi kita berharap semua berjalan mulus. Kita harus pastikan pembangun lanjut sesuai target," jelasnya.

Wali Kota Bogor itu juga mengapresiasi kedatangan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dalam pembukaan kegiatan itu.

Baca Juga : Wali Kota Ajak Ramaikan Malam Takbiran dan Salat Ied pada Tiga Lokasi di Makassar

"Gubernur mencontohkan bagaimana pemerintah harus berkolaborasi," katanya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan terimakasih atas ditunjuknya Kota Makassar menjadi tuan rumah Rakernis dan Rakernas Apeksi.

"Makassar adalah kota yang sangat strategis. Tempat paling tepat untuk melakukan kegiatan nasional adalah Kota Makassar," katanya.

Baca Juga : Menang Pilpres, Andi Sudirman Sulaiman Ucapkan Selamat Kepada Prabowo-Gibran

Ia juga menyebut kegiatan ini sangat penting untuk pembangunan kota-kota yang ada di Indonesia. Dimana kota disebut memberikan kontribusi besar dalam pemulihan ekonomi.

"Kota memberikan kontribusi besar dalam pemulihan ekonomi. Kalau di kota ada masalah semua akan berdampak. Kehadiran kita di sini bisa sharing pengalaman dari wilayah lain. Apa yang kurang dan plus," bebernya.

Dalam kesempatan ini, Andi Sudirman Sulaiman juga mengajak semua undangan untuk mengunjungi tempat wisata yang ada di Sulsel. Salah satunya wisata Karst Rammang-rammang dengan pesona pegunungan kapurnya, menjadi bagian dari warisan Geopark Dunia oleh UNESCO.

Baca Juga : PDAM Makassar Raih Predikat Bintang 4, Beni Iskandar Dinobatkan Top CEO 2024

"Kami punya tempat wisata kars terbaik hanya 30 sampai 40 menit sampai," katanya.

#danny pomanto #Walikota Makassar #gubernur sulsel #Andi Sudirman Sulaiman