Jumat, 28 Oktober 2022 21:38

Wali Kota Makassar Apresiasi Dukungan DPRD dalam Pengembangan Pariwisata

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny).
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny).

RIPPAR akan menjadi dasar hukum yang kuat dalam pengembangan kepariwisataan Makassar yang dapat berkontribusi memajukan industri pariwisata.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), mengapresiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar yang telah menunjukkan komitmen dan dukungan terhadap Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan (RIPPAR) Makassar.

Apresiasi Danny Pomanto terlontar saat rapat paripurna dengan agenda Jawaban Wali Kota terhadap Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi tentang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) RIPPAR Makassar 2022-2037 di Kantor DPRD Makassar, Jumat (28/10/2022).

"Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya saya sampaikan kepada pimpinan dan anggota dewan yang telah menyampaikan pemandangan umum fraksi. Hal tersebut menunjukkan komitmen dan dukungan tentang pentingnya RIPPAR Kota Makassar 2022-2037," ungkap Danny Pomanto.

Baca Juga : Komisi B DPRD Makassar Bahas Pendirian Perumda Terminal Makassar Metro

Danny Pomanto menjelaskan, RIPPAR akan menjadi dasar hukum yang kuat dalam pengembangan kepariwisataan Makassar yang dapat berkontribusi memajukan industri pariwisata dengan tetap menjaga objek wisata cagar budaya yang kadang diabaikan.

"RIPPAR akan menjadi payung hukum yang akan memberikan dampak positif, khususnya dalam meningkatkan pendapatan asli daerah serta bagaimana wisatawan berkunjung ke Makassar bukan hanya karena keindahan alam," terangnya.

Melalui Ranperda RIPPAR, telah diatur pula mengenai kebijakan strategi yang akan melibatkan para pemangku kepentingan termasuk masyarakat. Rasa sadar wisata akan dihidupkan dengan pendampingan berkesinambungan melalui pendekatan kearifan lokal.

Baca Juga : Legislator PKB Dorong Prioritas Pendidikan di Makassar Contoh Jepang

"Kita mendorong pembangunan pariwisata Kota Makassar harus dijalankan berbasis masyarakat, berkelanjutan dan berkualitas," paparnya.

Optimalisasi pengembangan pariwisata memerlukan dukungan semua pihak, tidak terkecuali DPRD Makassar. Oleh karenanya, Danny Pomanto meminta pendampingan agar Ranperda RIPPAR benar-benar mampu mengakomodasi semua kepentingan.

"Kekuatan pariwisata Makassar yang telah melekat, baik destinasi wisata alam, cagar budaya event internasional seperti F8, Lorong Wisata, wisata MICE, akan semakin lengkap dengan hadirnya RIPPAR," ucap Danny Pomanto.

#Pemkot Makasar #Mohammad Ramdhan Pomanto #DPRD Kota Makassar