Kamis, 27 Oktober 2022 23:53

Akhirnya Bulan Ini Kereta Api Makassar-Parepare Dioperasikan Terbatas

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi
Ilustrasi

Jalur tahap 1 ini menghubungkan dari Pelabuhan Garongkong, di Kabupaten Barru sampai dengan ke Stasiun Mangilu di Pangkep.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR — Proyek Kereta Api Makassar-Parepare akan segera dioperasikan terbatas untuk publik. Rencananya untuk tahap I ini dilakukan pada 29 Oktober 2022, sepanjang 50 Km.

Jalur tahap 1 ini menghubungkan dari Pelabuhan Garongkong, di Kabupaten Barru sampai dengan ke Stasiun Mangilu di Pangkep.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sulsel Muhammad Arafah mengatakan, dijadwalkan Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman hadir langsung pada pengoperasian Kereta Api Terbatas Rute Barru-Pangkep ini.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Lantik Pejabat Administrasi dan Pengawas Lingkup Pemprov Sulsel

"Rencana Pak Gubernur bersama Kepala Balai akan lakukan pengoperasian terbatas pada 29 Oktober 2022, untuk pengoperasian Kereta Api,” kata Arafah di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu 26 Oktober 2022.

Arafah mengungkapkan alasan pengoperasian terbatas ini, salah satunya karena sarananya belum siap, seperti gerbong yang digunakan ini telah dimodifikasi sambil menunggu datang gerbong yang baru.

"Saat ini masih menggunakan gerbong penumpang, dengan jumlah penumpang 80-100. Gerbong yang baru informasinya baru dapat digunakan pada Januari nanti, rencananya dua gerbong," jelasnya.

Baca Juga : Serah Terima Jabatan Komandan Lantamal VI Makassar Dihadiri Penjabat Gubernur Sulsel

Arafah menyebutkan saat ini proses kontruksi untuk jalur Pangkep dan Maros sementara dikerjakan. Adapun panjang rute Maros-Pangkep sekitar 70 Km.

Balai Pengelola Kereta Api Sulsel sendiri telah memastikan semua persiapan. Termasuk pengecekan kelayakan tim dari PT KAI.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #gubernur sulsel