Senin, 24 Oktober 2022 16:18

Pesta Rakyat Simpedes 2022 di Makassar Sukses, Hadirkan 40 Ribu Pengunjung

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Para pengunjung memadati gelaran Pesta Rakyat Simpedes (PRH) 2022 yang berlangsung di Lapangan Hasanuddin.
Para pengunjung memadati gelaran Pesta Rakyat Simpedes (PRH) 2022 yang berlangsung di Lapangan Hasanuddin.

Masyarakat Makassar menyambut positif kegiatan ini dengan total 40 ribu pengunjung serta melibatkan 110 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan BRI.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pesta Rakyat Simpedes (PRH) 2022 yang berlangsung di Lapangan Hasanuddin, Kota Makassar, telah sukses diselenggarakan.

Event Bank Rakyat Indonesia (BRI) ini berlangsung selama tiga hari, 21-23 Oktober 2022, dengan mengusung tema Pede Memimpin Perubahan.

Masyarakat Makassar menyambut positif kegiatan ini dengan total 40 ribu pengunjung serta melibatkan 110 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan BRI.

Baca Juga : Pesta Rakyat Simpedes 2022 Dorong UMKM di Makassar Naik Kelas

Melihat animo masyarakat yang tinggi dari kegiatan PRS, BRI akan terus menghadirkan hiburan bagi masyarakat dan berbagai kegiatan yang mampu memberdayakan UMKM melalui enam pilar yang diusung, yaitu Pawai, Panggung, Pasar, Panen, Pojok X’sis, serta Peduli. Hal ini wujud komitmen BRI untuk terus mendorong kebangkitan ekonomi kerakyatan.

"Kegiatan Pesta Rakyat Simpedes ini merupakan usaha BRI untuk mendorong dan memberdayakan UMKM. 110 UMKM Sudah hadir di sini dan dihadiri oleh ribuan pengunjung tiap harinya. Tentunya, kami berharap UMKM bisa naik kelas, bisa pede memimpin perubahan, berinovasi, dan juga berkontribusi positif terhadap perekonomian khususnya di Kota Makassar," kata Regional CEO BRI Kanwil Makassar, Rahman Arif, Senin (24/10/2022).

Hadirkan Kelas UMKM
UMKM sebagai salah satu tonggak perekonomian, tentunya perlu didorong dan didukung. Dalam helatan PRS 2022 ini, BRI sukses memberikan pelayanan utuh bagi UMKM dalam program pasar dengan memberikan edukasi seputar bisnis melalui kelas UMKM dan workshop.

Baca Juga : Dukung UMKM, Pesta Rakyat Simpedes 2022 Digelar di Makassar

Kelas UMKM dan workshop membahas edukasi seputar bisnis, seperti pengelolaan keuangan bisnis, investasi saham masa depan, serta penerapan business model canvas untuk UMKM. Program ini menghadirkan business coach, seperti Muhammad Arafah Kube, Ilham Akbar, Zulqadry Suaib, dan Seftian Chow sebagai pemateri.

Pada PRS 2022 para pelaku UMKM juga diberi wadah untuk memasarkan produknya lebih luas lagi. "Pada acara PRS ini kita sangat terbantu untuk memperluas pasar kita. BRI juga dari awal sudah membantu bisnis kami dalam bentuk bantuan modal. Pada acara ini kita juga diberikan pelatihan-pelatihan yang sangat bermanfaat untuk memberikan inovasi bagi UMKM kita," ujar Ade, pemilik salah satu UMKM.

PRS 2022 juga memberikan edukasi kepada masyarakat yang hadir untuk menggunakan sistem pembayaran QRIS BRImo dalam tiap transaksi. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk Rp1 dan bertransaksi menggunakan QRIS pada tiap booth UMKM. Hal ini jadi ajang edukasi kepada masyarakat untuk lambat laun meninggalkan transaksi menggunakan uang kes.

Baca Juga : 22 Orang Jadi Tersangka Kredit Fiktif Bank BRI Unit Pinrang

Kaya Hiburan
Pesta Rakyat Simpedes 2022 di Makassar juga menghadirkan hiburan bagi masyarakat dengan mendatangkan berbagai artis lokal hingga artis nasional. Hari pertama, Jumat (21/10/2022), tampil pada panggung utama band lokal Kapal Udara dan penampilan dari Fourtwenty.

Hari kedua, Sabtu (22/10/2022), dimulai acara pagi hari dengan Zumba oleh Denada yang diikuti para pengunjung. Lalu, program panggung ketawa oleh komika Arif Brata, cooking class bersama Chef Aiko, dan Acrobatic Cooking Show oleh Chef Muto. Hari kedua diakhiri penampilan Kotak dan Gigi.

Pada hari terakhir, Ahad (23/10/2022), ditutup berbagai kegiatan menarik di mini stage. Terdapat area permainan di Pojok X’sis, seperti flip glass, penalty kick, dan tic tac toe pong.

Baca Juga : Sinergi BRI dan Pegadaian, Luncurkan Kartu Kredit Berbasis Tabungan Emas Pertama di Indonesia

Selain itu, ada program peduli dengan kegiatan cek kesehatan gratis, donor darah, dan cukur rambut dengan hanya membayar Rp1. Acara turut dimeriahkan penampilan stand up comedy dari komika Ali Akbar.

Pada PRS melalui program panen, pengunjung berkesempatan untuk mendapatkan grand prize satu unit motor Fazio dengan cara scan QR yang diundi pada hari terakhir.

Sementara itu, di panggung utama ditampilkan dibuka band lokal Makassar, Rocksteady, dan diakhiri dengan penampilan Slank di penghujung acara yang membawakan lagu, seperti, Balikin, Ku Tak Bisa, dan Virus.

Baca Juga : Dituding Utang Piutang, Sigit: BRI dan Ilman Sama-Sama Kacau

PRS 2022 akan berlangsung hingga Desember 2022 dengan menyambangi 379 titik di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dapat dihadiri pengunjung secara langsung di Kompas TV dan kanal YouTube Bank BRI. Kegiatan ini diharapkan menjadi titik balik kebangkitan ekonomi kerakyatan, khususnya bangkitnya sektor UMKM di Indonesia.

#Pesta Rakyat Simpedes #BANk BRI