Jumat, 21 Oktober 2022 18:04

Kemdibudristek RI Apresiasi Kontribusi Kalla dalam Gernas BBI 2022

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penghargaan diserahkan dalam puncak Gernas BBI 2022 di Gedung Gadis, Kabupaten Polman, Sulbar, Kamis (20/10/2022).
Penghargaan diserahkan dalam puncak Gernas BBI 2022 di Gedung Gadis, Kabupaten Polman, Sulbar, Kamis (20/10/2022).

Kalla membantu UMKM dengan mengedukasipara pelaku usaha dalam workshop yang digelar selama Gernas BBI.

RAKYATKU.COM, POLMAN - Kontribusi Kalla dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Sulawesi Barat (Sulbar) mendapat apresiasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek RI). Gernas BBI sukses digelar selama Juli-Oktober 2022.

Penghargaan diserahkan dalam puncak Gernas BBI 2022 oleh Dirjen Vokasi Kemendikbudristek, Kiki Yulianti, yang juga dihadiri Penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik, di Gedung Gadis, Kabupaten Polman, Sulbar, Kamis (20/10/2022). Manajemen Kalla sendiri diwakili CSR & External Relation Department Head Kalla Group, Rafiquah Djamil.

"Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada mitra yang mendukung Gernas BBI 2022 di Sulbar. Kalla sebagai salah satu top brand pun turut berpartisipasi aktif selama pelaksanaan kegiatan dalam bentuk pembinaan UMKM oleh mentor yang dimiliki Yayasan Hadji Kalla," ungkap Rafiquah.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, KALLA Tanam Ribuan Bibit Bersama Pemprov Sulsel

Kalla membantu UMKM dengan mengedukasipara pelaku usaha dalam workshop yang digelar selama Gernas BBI. Salah satu materi dan praktik yang diberikan adalah mendorong para pelaku UMKM dalam memaksimalkan berbagai channel digital untuk mempromosikan produknya.

Selain itu, Yayasan Hadji Kalla juga memberi edukasi terkait pengemasan produk kreatif yang memperhatikan sisi lingkungan. Hal tersebut sangat menjadi perhatian karena melihat limbah plastik yang semakin meningkat dan menjadi penyumbang terbesar jumlah sampah nasional.

Para pelaku UMKM juga dibekali oleh tim finance Kalla dengan materi pengelolaan keuangan yang optimal dalam menjalankan usaha. Salah satu yang terpenting ialah cash flow, mulai dari analisis penjualan/pendapatan, analisis biaya/pengeluaran, hingga dana cadangan.

Baca Juga : KALLA Siapkan Dana Hingga Rp40 Miliar Untuk Corporate Social Activities Program Sepanjang Tahun 2024 Melalui Yayasan Hadji Kalla

Dalam Gernas BBI Sulbar, Kalla juga berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam menggalang partisipasi masyarakat untuk berbelanja produk dalam negeri yang tentunya berbasis UMKM. Bertujuan untuk mendorong peningkatan pembelian produk lokal hingga peningkatan perluasan pasar UMKM.

Penulis : Lisa Emilda
#Kalla Group #Yayasan Hadji Kalla #Kemendikbudristek