Kamis, 20 Oktober 2022 17:06

Dukung UMKM, Pesta Rakyat Simpedes 2022 Digelar di Makassar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Untuk di Makassar, PRS 2022 akan berlangsung, 21-23 Oktober 2022, mulai dari pukul 07.00-13.00, di Lapangan Hasanuddin. Selama event berlangsung, pengunjung akan dihibur deretan band ternama, yakni Slank, Gigi, Kotak, dan Fourtwnty.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. terus mendorong pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satunya melalui acara tahunan Pesta Rakyat Simpedes (PRS).

Event dipersembahkan Tabungan BRI Simpedes yang mengusung Pede Memimpin Perubahan ini mengajak seluruh pelaku usaha UMKM di Indonesia untuk percaya diri dalam berinovasi dan berbisnis demi membawa perubahan positif signifikan bagi perekonomian.

"BRI hadir lewat Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022 untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat, pemberdayaan UMKM, dan menumbuhkan pelaku UMKM, serta memberikan layanan yang utuh kepada seluruh nasabah Tabungan BRI Simpedes," kata Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari, dalam keterangannya, Kamis (20/10/2022).

Baca Juga : Pesta Rakyat Simpedes 2022 di Makassar Sukses, Hadirkan 40 Ribu Pengunjung

PRS 2022 diadakan dengan enam pilar PRS. Pertama, Pilar Pawai yang diramaikan oleh karnaval budaya dan kesenian. Kedua, Pilar Panggung yang menghadirkan panggung musik yang dimeriahkan oleh beberapa artis ternama Indonesia dan artis lokal asal Makassar, panggung masak, panggung ketawa, panggung zumba, dan panggung ilmu.

Ketiga, Pilar Pasar menampilkan berbagai produk terbaik dari 110 UMKM binaan BRI. Keempat, Pilar Panen terdapat beragam hadiah istimewa yang dapat dimenangkan oleh para pengunjung. Kelima, Pilar Pojok X’SIS terdapat selfie booth, taman bermain, dan games. Terakhir atau keenam, Pilar Peduli terdapat kegiatan pemeriksaan kesehatan, donor darah, dan peduli gaya.

PRS 2022 melalui salah satu rangkaian kegiatannya, yaitu gerakan literasi digital, hadir di sepuluh pasar tradisional di Kota Makassar, yakni Pasar Minasa Maupa, Pasar Niaga Daya, Pasar Makassar Mall, Pasar Maricaya, Pasar Terong, Pasar Kalimbu, Pasar Panampu, Pasar Pabaeng-Baeng Timur, Pasar Pabaeng-Baeng Barat, dan Pasar Panakkukang.

Baca Juga : Pesta Rakyat Simpedes 2022 Dorong UMKM di Makassar Naik Kelas

Untuk di Makassar, PRS 2022 akan berlangsung, 21-23 Oktober 2022, mulai dari pukul 08.00-22.00 Wita, di Lapangan Hasanuddin. Selama event berlangsung, pengunjung akan dihibur deretan band ternama, yakni Slank, Gigi, Kotak, dan Fourtwnty.

Event ini juga bertujuan untuk memberikan literasi digital pada UMKM, salah satunya dengan QRIS sebagai fasilitas pembayaran digital dan BRImo sebagai fasilitas transaksi serta pengelolaan keuangan.

Untuk dapat memasuki area PRS, pengunjung perlu melakukan scan PeduliLindungi, mengunduh aplikasi BRImo, dan melakukan scan QRIS sebesar Rp1 di ticket box yang telah disediakan.

Baca Juga : 22 Orang Jadi Tersangka Kredit Fiktif Bank BRI Unit Pinrang

Para pengunjung juga diwajibkan untuk menggunakan sistem pembayaran digital (cashless) menggunakan QRIS di seluruh booth UMKM dan selama acara ini berlangsung.

Hal tersebut diharapkan agar dapat mendorong para pengunjung pada bertransaksi secara digital, memudahkan proses transaksi nontunai, mengedukasi masyarakat, dan mengurangi penggunaan uang fisik.

#Pesta Rakyat Simpedes #BANk BRI