Kamis, 20 Oktober 2022 10:13

Dinas Kesehatan Sulsel Tindak Lanjuti Anak Dicurigai Penderita Gagal Ginjal Akut

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Rosmini Pandin. (Foto: Herald/Anwar)
Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Rosmini Pandin. (Foto: Herald/Anwar)

"Dari informasi katanya ada satu. Infonya seperti itu, tapi sejak Juli. Selanjutnya tidak ada ditemukan. Semoga saja tidak ada," kata Rosmini Pandin.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menindaklanjuti adanya informasi seorang anak dicurigai sebagai penderita gagal ginjal akut.

"Belum ada kabar resmi, tapi kita sudah komunikasi langsung. Ada satu orang dicurigai sejak Juli, begitu informasinya," ujar Kepala Dinkes Sulsel, Rosmini Pandin, dikutip dari Antara, Kamis (20/10/2022).

Meski belum ada kepastian dari informasi tersebut, pihaknya telah melakukan upaya pencegahan dengan meminta masyarakat segera melaporkan jika ada anak memiliki ciri-ciri gejala gagal ginjal akut.

Baca Juga : Kasus Gagal Ginjal Ditemukan Lagi, Ini Imbauan Kemenkes

"Kita sudah edarkan kalau ada ditemukan dikirim ke tim khusus, kebetulan kita update terus perkembangan," kata Rosmini.

Sejauh ini belum ada ditemukan secara pasti kasus terkait gagal ginjal akut anak. Rosmini berharap tidak ada kasus seperti itu di Sulsel.

"Dari informasi katanya ada satu. Infonya seperti itu, tapi sejak Juli. Selanjutnya tidak ada ditemukan. Semoga saja tidak ada," tuturnya

Baca Juga : Naik Lagi! Gagal Ginjal Akut di Indonesia Kini 269 Kasus, 157 Meninggal

Dari data pelaporan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI per 18 Oktober 2022, dilaporkan tercatat ada 206 kasus dari 20 provinsi yang melaporkan. Untuk tingkat kematian telah mencapai 99 kasus atau 48 persen.

Kemenkes terus melakukan penelitian terkait penyebab penyakit ini. Dari beberapa informasi dicurigai sumbernya diduga berasal dari sirop obat parasetamol asal luar negeri. Kendati demikian, belum bisa disimpulkan karena masih dalam proses riset dari pihak terkait.

#Dinas Kesehatan Sulsel #Gagal Ginjal Akut