Kamis, 20 Oktober 2022 09:14

Ini Lima Pemenang Kalla Startup Hunt, Presentasi Langsung ke Jajaran Direksi Kalla

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jajaran direksi Kalla bersama lima pemenang Kalla Startup Hunt dalam rangkaian Kalla Innovation Day 2022 di Saoraja Ballroom, Wisma Kalla Office Building, Rabu (19/10/2022).
Jajaran direksi Kalla bersama lima pemenang Kalla Startup Hunt dalam rangkaian Kalla Innovation Day 2022 di Saoraja Ballroom, Wisma Kalla Office Building, Rabu (19/10/2022).

Pemenang Kalla Startup Hunt adalah Nodeflux berasal dari DKI Jakarta, Mile App berasal dari Banten, Soul Parking berasal dari DKI Jakarta, Educourse berasal dari Banten, dan Sanspower berasal dari Jawa Timur.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kalla Startup Hunt menemukan lima pemenangnya. Mereka melakukan presentasi project secara langsung ke jajaran direksi Kalla dalam rangkaian Kalla Innovation Day 2022 di Saoraja Ballroom, Wisma Kalla Office Building, Rabu (19/10/2022).

Jajaran direksi Kalla hadir dengan formasi lengkap. Mulai Solihin Jusuf Kalla (President Director Kalla), Imelda Jusuf Kalla (Corporate Finance Director Kalla), Hariyadi Kaimuddin (Marketing & Business Director Kalla), Subhan Djaya Mappaturung (Chief Corporate Secretary & Legal Officer Kalla), Achmad Soegiarto (Chief Strategy & Technology Officer KALLA), Disa Rizky Novianty (People & Process Director Kalla), dan Zumadi Anwar (Development & Construction Director Kalla).

Chief Strategy & Technology Officer Kalla, Achmad Soegiarto, mengungkapkan saat ini Kalla Startup Hunt sudah memasuki ecosystem collaboration nasional. Selain itu, kemungkinan dengan Kalla sesuai dengan ekosistem dari ide-ide bisnis yang telah diusulkan dan dikembangkan para pemenang.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, KALLA Tanam Ribuan Bibit Bersama Pemprov Sulsel

"Setelah kita telah melalui tahapan penilaian yang panjang terhadap startup yang memiliki portofolio aligned dengan ekosistem Kalla dan menentukan lima pemenang atau peserta terbaik. Selanjutnya kita memasuki tahap collaboration thru, yakni kemungkinan melakukan strategic partnership antara industri dengan stratup terpilih, juga kemungkinan dengan Kalla tentunya di berbagai unit bisnis," kata dia.

Adapun para pemenang Kalla Startup Hunt ini adalah Nodeflux berasal dari DKI Jakarta, Mile App berasal dari Banten, Soul Parking berasal dari DKI Jakarta, Educourse berasal dari Banten, dan Sanspower berasal dari Jawa Timur.

Deretan para panelis Kalla Startup Hunt, yakni Achmad Soegiarto (Chief Strategy & Technology Officer Kalla), Yuswohady (Managing Partner Inventure), Luat Sihombing (Ketua Tim Afiliasi Business Matchmaking Ditjen Aptika Kominfo), Khairul Umam (Regional Manager Gerakan 1.000 Startup Makassar), dan Saddan Husain (Solution Lead IndigoHub Makassar) yang menyeleksi Top 20 peserta Kalla Startup Hunt di Baruga Driving Range Golf, Rabu (12/10/2022) lalu.

Baca Juga : Andien Meriahkan Puncak Acara HUT 71 Tahun KALLA dalam Acara Family Gathering di Nipah Park

Perjalanan Klla Startup Hunt telah dimulai sejak Juni 2022 sebanyak tujuh seri workshop secara luring dan daring telah digelar dalam rangka mengapresiasi inovasi nasional di usia Kalla yang sudah memasuki 70 tahun.

Kalla Startup Hunt mendatangkan speakers nasional dari berbagai kalangan profesional. Pembahasan tiap seri pun berbeda-beda menyesuaikan dengan ekosistem bisnis Kalla, mulai dari edukasi, transportasi and logistik, property dan hospitality, energi, trading, infrastruktur, konstruksi hingga manufaktur.

Sementara, untuk internal, Kalla menggelar Kalla Open Innovation (KOIN) yang dimulai sejak Mei hingga Agustus 2022 dengan total ide inovasi 137 ide yang kemudian diseleksi menjadi 22 ide inovasi yang melaju ke tahap project screen pada Agustus 2022.

Baca Juga : Sukses Gelar Kalla Talks, Ini Pengakuan Peserta

Dilanjutkan dengan seleksi 13 project yang lolos ke tahap awal pitching pada September 2022. Dalam Kalla Inovation Day 2022 inilah enam project yang berhasil melaju ke tahap grand final pitching mendapatkan kesempatan untuk bersinergi dengan unit bisnis Kalla.

People & Process Director Kalla, Disa Rizky Novianty, berharap ide-ide inovasi yang dihadirkan baik dari eksternal maupun internal Kalla bisa memberikan manfaat bagi perusahaan dan masyarakat.

"Terima kasih kepada seluruh peserta yang selama ini telah berkontribusi panjang untuk menyisihkan waktu dalam mempersiapkan dan mengembangkan ide-ide bisnis. Semoga dengan kehadiran pimpinan-pimpinan dari unit bisnis KALLA nantinya bisa mendorong sinergi dan kolaborasi yang lebih unggul,” ucapnya.

Penulis : Lisa Emilda
#Kalla Startup Hunt #Kalla Group