Kamis, 13 Oktober 2022 15:57

Pemkab Sidrap Luncurkan Sistem Kemitraan UMKM Usaha Besar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peluncuran Sistem Kemitraan UMKM-Usaha Besar (Sikembar) di ruang rapat pimpinan lantai III Kantor Bupati Sidrap, Kamis (13/10/2022).
Peluncuran Sistem Kemitraan UMKM-Usaha Besar (Sikembar) di ruang rapat pimpinan lantai III Kantor Bupati Sidrap, Kamis (13/10/2022).

UMKM di Sidrap membutuhkan kontribusi dan sinergi dari berbagai lembaga. Salah satunya toko retail modern.

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi meluncurkan Sistem Kemitraan UMKM-Usaha Besar (Sikembar), Kamis (13/10/2022).

Dalam peluncuran yang berlangsung di ruang rapat pimpinan lantai III Kantor Bupati Sidrap ini juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama pemasaran produk UMKM melalui toko retail Misi Pasaraya dan Galapuang.

Acara dibuka Bupati Sidrap diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Siara Barang, dan dihadiri Kepala Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi, Andi Safari Renata, perwakilan Galapuang, Muhammad Ismail, perwakilan Misi Pasaraya, Jusman, serta Sekretaris Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi, Munasri. Acara turut dihadiri beberapa pelaku UMKM se-Sidrap.

Baca Juga : Sekda Sidrap Basra Bakal Dilantik Jadi Pj Bupati Akhir Pekan Ini

Siara Barang mnyampaikan apresiasi atas terselenggaranya peluncuran Sikembar di Sidrap. Dikatakannya, ini merupakan salah satu upaya Pemkab Sidrap dalam rangka meningkatkan daya saing produk UMKM. Selain itu, pengembangan sistem jaringan usaha bagi produk UMKM unggulan melalui fasilitas sistem kemitraan untuk meningkatkan pemasaran produk

Siara Barang menambahkan, pemberdayaan UMKM di Sidrap membutuhkan kontribusi dan sinergi dari berbagai lembaga. Salah satunya toko retail modern untuk menuntun pemberdayaan UMKM untuk membawa kebermanfaatan yang lebih luas dan memberikan multiplier effect untuk mendukung UMKM naik kelas.

"Saya menyambut baik terselenggaranya acara ini yang dapat membantu pelaku UMKM, tidak hanya sebagai upaya promosi, namun juga meningkatkan kemitraan jaringan usaha bagi UMKM," kata dia.

Baca Juga : Bapenda Sidrap Bimbing Pelaku Usaha Terapkan QRIS

Siara Barang menambahkan, melalui kegiatan ini, selain bertujuan memberikan pencerahan motivasi usaha untuk mendukung kejayaan UMKM juga mendorong gerakan bangga bela beli produk Sidrap.

Dijelaskannya, gerakan bangga bela beli produk tersebut mencerminkan serangkaian upaya dalam memajukan bangsa dengan mencintai produk lokal dan berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat. Terlebih pada situasi pandemi Covid-19 yang berdampak langsung pada kelangsungan UMKM di Sidrap

"Gerakan bangga bela beli produk harus terus digalakkan semakin masif sehingga gairah masyarakat dalam membeli produk lokal kian bangkit, pertumbuhan daerah meningkat, dan tentunya berimplikasi pada kesejahteraan masyarakat yang turut meningkat pula," jelasnya

Baca Juga : Soft Launching Aplikasi SiPeNGaja, Inovasi Pengadaan Barang dan Jasa di Kabupaten Sidrap

Sementara, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Sidrap, Andi Safari Renata, menyampaikan peluncuran Sikembar merupakan salah satu proyek perubahan dengan harapan melalui kemitraan ini produk-produk lokal nantinya dapat diterima di toko retail modern. "Sehingga pendapatan pelaku UMKM juga dapat meningkat," tuturnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#pemkab sidrap #sikembar