Jumat, 14 Oktober 2022 21:03

Alasan Penting Memiliki Asuransi Mobil, Jenis-Jenis dan Cara Memilih Produk Terbaiknya

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Sebelum memutuskan memilih produk asuransi mobil terbaik, mari ketahui dulu alasan penting memiliki produk proteksi ini, jenis-jenis dan tips memilih produk terbaiknya.

RAKYATKU.COM - Sudahkah Anda menjaga mobil kesayanganmu dengan asuransi yang tepat? Dengan adanya proteksi dari asuransi yang tepat, Anda bisa meminimalkan kerugian finansial.

Seperti diketahui, asuransi mobil tidak hanya menjamin perbaikan akibat benturan dan kerusakan saja. Mobil juga bisa terlindungi, bahkan sampai bencana alam dan kehilangan, dengan catatan tergantung dari polis asuransi yang dipilih.

Jika Anda ingin memberikan proteksi pada kendaraan kesayangan, bisa memilih asuransi mobil di sini! Salah satu produk terbaiknya adalah, asuransi mobil Tugu.

Sebelum memutuskan memilih produk asuransi mobil terbaik, mari ketahui dulu alasan penting memiliki produk proteksi ini, jenis-jenis dan tips memilih produk terbaiknya.

Alasan Penting Memiliki Asuransi Mobil
Menurut WHO, kecelakaan lalu lintas merupakan pembunuh terbesar ketiga di Indonesia. Tidak hanya berasal dari kita, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh orang lain. Mau berkendara ugal-ugalan atau tertib, siapa saja bisa menjadi korban lalu lintas.

Memang risiko terluka atau kematian bisa diminimalisir dengan meningkatkan keamanan. Namun risiko kerusakan mobil tidak bisa dihindarkan. Sudah pasti, pada kondisi ini semua orang butuh untuk mengasuransikan mobilnya agar menutupi biaya perbaikan.

Tidak hanya kecelakaan, begal dan pencurian kendaraan juga semakin meningkat dan menjadi alasan tambahan mengapa sebagian besar pemilik mobil memutuskan untuk membeli polis asuransi mobil. Tentu semua orang tidak ingin kehilangan mobilnya bukan?

Jika ingin membeli polis asuransi mobil, maka sebaiknya ketahui dulu jenis-jenisnya yang umum dipilih nasabah, yaitu asuransi Total Loss Only (TLO) dan asuransi mobil All Risk atau comprehensive.

Maka dari itu, penting bagi Anda dan semua orang mengetahui perbedaan antara kedua jenis polis asuransi mobil tersebut.

Perbedaan Asuransi TLO dan All Risk

Asuransi mobil dibagi menjadi dua kategori, berikut ini adalah perbedaannya.

1. Asuransi TLO
Asuransi TLO (Total Loss Only) artinya jenis asuransi yang akan menanggung biaya perbaikan apabila mobil rusak total. Singkatnya, biaya perbaikan mobil yang bisa diklaim sama dengan atau lebih dari 75 persen harga mobil.

Artinya, perusahaan asuransi hanya menjamin biaya kerugian karena kerusakan parah atau pencurian di mana mobil sudah tidak bisa digunakan lagi.

2. Asuransi All Risk
All Risk asuransi ialah pertanggungan biaya pada segala jenis kerusakan mobil. Apakah itu kerusakan kecil maupun besar dari penyok hingga rusak total atau kehilangan mobil semua ditanggung oleh jenis asuransi ini.

Dikarenakan manfaat pertanggungan asuransi All Risk lebih luas, premi asuransi mobil All Risk biasanya dikategorikan lebih mahal dibandingkan asuransi TLO.

Kabar baiknya, saat ini ada banyak perusahaan asuransi yang menyediakan polis asuransi terbaiknya. Namun, pastikan Anda telah mempertimbangkan dengan bijak untuk menemukan polis asuransi paling tepat sebagai partner kerja sama.

Tips Tepat Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Sangat penting menyesuaikan kebutuhan nasabah dengan produk asuransi mobil yang tepat.

Setidaknya terdapat beberapa poin penting yang wajib dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan membeli polis asuransi mobil.

Pilih jenis asuransi All Risk
Memang asuransi TLO preminya lebih murah, hanya saja risiko kerugian yang ditanggung polis asuransi ini sangat terbatas. Sangat berbeda dengan asuransi All Risk yang menawarkan protensi mobil lebih lengkap.

Jangan lupa bandingkan produk polis asuransi dari berbagai perusahaan
Seperti yang diketahui saat ini ada banyak perusahaan asuransi mobil di Indonesia. Sebaiknya Anda membandingkannya terlebih dahulu secara detail dengan mengisi leadform perbandingan. Pastikan pula pilihan Anda memiliki reputasi yang baik.

Pilih perusahaan terpercaya
Ingat jika Anda sudah selesai membuat perbandingan, pilihlah perusahaan asuransi terpercaya yang telah terdaftar secara resmi di OJK. Lebih bagus jika perusahaan asuransi menyediakan promo dan premi terbaik.

Pilih perusahaan yang memiliki bengkel kerja sama yang luas
Jika diperhatikan secara umum perusahaan asuransi memiliki kerja sama dengan kurang lebih 400 bengkel yang tersebar di Indonesia.

Meski begitu, pilihlah bengkel rekanan yang lokasinya paling dekat dengan domisili Anda.. Dengan begini, saat terjadi kerugian Anda lebih mudah untuk mengajukan klaim di semua bengkel rekanan perusahaan asuransi.

#Tips Memilih Asuransi Mobil