Jumat, 07 Oktober 2022 14:03

Gubernur Andi Sudirman Ikuti Arahan Wapres Terkait Ekonomi dan Keuangan Syariah

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gubernur Andi Sudirman Ikuti Arahan Wapres Terkait Ekonomi dan Keuangan Syariah

“Pesantren di seluruh pelosok negeri harus terus kita dorong untuk menggalakkan kegiatan dan pembelajaran di bidang ekonomi dan keuangan syariah dalam kurikulumnya,” ujar Wapres.

RAKYATKU.COM, JAKARTA — Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengikuti arahan Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin dalam acara membuka Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) Ke-9 Tahun 2022 di Jakarta Convention Centre, Jl. Gatot Subroto No. 1, Jakarta Pusat pada Kamis, 6 Oktober 2022.

Wapres menuturkan bahwa peringkat ekonomi dan keuangan syariah Indonesia di tingkat global saat ini sangat baik. Menurutnya, ekonomi syariah yang semakin menguat telah memberi daya dukung bagi stabilitas ekonomi nasional, karena teruji dalam melewati siklus ekonomi.

Ekonomi syariah juga dapat diandalkan untuk menciptakan keseimbangan antara pertumbuhan dan pemerataan karena bertumpu pada sektor riil sehingga berperan penting dalam pengamanan pasokan nasional.

Baca Juga : Di-launching Menhub Budi, Yuk Naik Kereta Api Nikmati Keindahan Wisata Alam Maros - Pangkep - Barru

“Bapak Wapres mendorong kolaborasi berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah akselasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional sebagai pertumbuhan ekonomi baru ekonomi Indonesia yang inklusif dan berkesinambungan. Serta transformasi menjadi pusat ekonomi syariah,” sebut Andi Sudirman.

"Pemerintah Provinsi Sulsel berikhtiar memperkuat akselarasi ekonomi dan keuangan syariah untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional," lanjutnya.

Wapres juga menyampaikan, pendistribusian dana sosial syariah seperti zakat, infak, sedekah, dan wakaf (Ziswaf) kepada masyarakat telah menjadi salah satu pilar penting untuk menjaga daya beli masyarakat.

Baca Juga : Gubernur Sulsel Sambut Kunjungan Wapres Ma'ruf Amin

Untuk itu, Wapres mengharapkan pemberdayaan ekonomi syariah khususnya yang berbasis pesantren agar terus dimajukan di tanah air. Hal ini selain dapat meningkatkan pasokan pangan dan komoditas nasional, ekonomi pesantren diharapkan juga mampu menembus pasar ekspor.

Sponsored by MGID

“Pesantren di seluruh pelosok negeri harus terus kita dorong untuk menggalakkan kegiatan dan pembelajaran di bidang ekonomi dan keuangan syariah dalam kurikulumnya,” ujar Wapres.

Dengan demikian, ia mengharapkan penguatan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia terus bergerak mulai dari akar rumput hingga ke level pembuat kebijakan, mulai dari usaha mikro hingga pengusaha besar.

Baca Juga : Rute Makassar - Bone Cukup 30 Menit Melalui Jalur Udara

Oleh sebab itu, pada kesempatan ini Wapres menekankan empat pesan penting kepada seluruh pemangku kepentingan dalam upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah untuk mencapai berbagai target yang akan memberikan efek berganda.

Pertama, Wapres berpesan agar akselerasi penguatan Global Halal Hub (GHH) sebagai pusat hamzah washal (off-taker) terus dilakukan. Sehingga, terintegrasinya pelaku UMKM dan pemangku kepentingan lainnya dalam sebuah ekosistem halal akan mempermudah proses hilirisasi yang akan meningkatkan kualitas dan daya saing produk dan jasa halal.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo melaporkan bahwa ISEF 2022 mengambil tema “Recover Together Recover Stronger: Optimizing Sharia Economy and Finance for Inclusive Recovery”.

Baca Juga : Berkat Bantuan Keuangan Dari Pemprov, Bandara Arung Palakka Kembali Beroperasi

Ia juga mengapresiasi Provinsi Sulsel menjadi tuan rumah Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) tahun 2022 untuk Kawasan Timur Indonesia. “Terima kasih pimpinan Provinsi mensukseskan Fesyer wilayah,” sebutnya.

“Tahun ini kita Fesyer untuk wilayah Indonesia Timur di Sulawesi Selatan, di wilayah Sumatera Fesyer di Aceh dan wilayah Jawa Fesyer di Jawa Timur, kegiatan kita menghasilkan capaian-capaian yang insya Allah penuh keberkahan Allah Subhanahu Wa Ta Ala,” pungkasnya.

Dikesempatan ini, Gubernur Andi Sudirman bersama Kepala BI Sulsel, Causa Iman Karana meninjau pameran produk halal.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #gubernur sulsel