Kamis, 06 Oktober 2022 21:45

Maksimalkan Perlindungan Siber, Diskominfo Makassar Inisiasi Penyusunan SMKI

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Maksimalkan Perlindungan Siber, Diskominfo Makassar Inisiasi Penyusunan SMKI

"Kerusakan terjadi tidak hanya merubah konfigurasi sistem komputer ataupun informasi yang disimpan seperti yang biasanya dialami saat terkena virus, tapi juga perilaku peretasan," kata Andi Irwan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar menggelar Forum Group Discussion Penyusunan Pedoman Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI).

Acara dibuka oleh Staf Ahli Wali Kota Bidang I Pemkot Makassar, Andi Irwan Bangsawan. Kegiatan yang dilaksankan di Aston Hotel Makassar pada Kamis (6/10/2022)  ini dihadiri OPD lingkup Pemkot Makassar.

Dalam pemaparannya, Andi Irwan Bangsawan menyebut kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memiliki manfaat yang sangat besar dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. Namun juga terdapat ancaman yang dapat mengganggu keamanan informasi dan bersifat merusak atau merugikan.

Baca Juga : Wapres Tekankan Komitmen Pemerintah Tumbuhkan Ekonomi, Wali Kota Makassar: Kita Mulai dari Longwis

"Kerusakan terjadi tidak hanya merubah konfigurasi sistem komputer ataupun informasi yang disimpan seperti yang biasanya dialami saat terkena virus, tapi juga perilaku peretasan," kata Andi Irwan.

Aksi peretasan kata Andi Irwan Bangsawan, mengarah ke pelanggaran privasi dan pencurian informasi bahkan ada yang berorientasi profit. Selain itu, ada juga potensi ancaman terhadap informasi yakni ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Andi Irwan Bangsawan mencontohkan peristiwa bencana alam atau kesalahan teknis.

"Banjir, kebakaran, gempa bumi maupun ancaman kegagalan teknis seperti kesalahan penggunaan kegagalan perangkat keras/lunak yang dapat menyebabkan hilangnya data, merusak perangkat TIK serta menghambat layanan informasi," tambahnya.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Hadiri Kompas 100 CEO Forum 2022 di Istana Negara

Andi Irwan Bangsawan menyebut penyusunan pedoman SMKI oleh Diskominfo Makassar dinilai sangat penting untuk meminimalisir dampak dari ancaman yang mengganggu keamanan informasi.

Sponsored by MGID

"Suatu kebanggaan kita bersama bahwa Diskominfo dapat melaksanakan suatu kegiatan untuk mendukung penyusunan Dokumen SMKI, jadi saya ajak kita semua untuk berembuk menyusunnya," pungkasnya.

#pemkot makassar #danny pomanto #Fatmawati Rusdi Masse