Selasa, 04 Oktober 2022 17:53

Anies Resmi Jadi Capres Nasdem 2024, Presiden PKS: Berjiwa Nasionalis Religius

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Anies Resmi Jadi Capres Nasdem 2024, Presiden PKS: Berjiwa Nasionalis Religius

"Setiap partai politik memiliki mekanisme internal dalam memutuskan sikapnya terkait koalisi dan pencapresan. Keputusan koalisi dan pencapresan di internal PKS akan ditentukan dalam mekanisme musyawarah majelis suroh," bebernya.

RAKYATKU.COM - Partai Nasdem telah mengumumkan nama Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden yang akan diusung pada pesta pemilihan presiden 2024 mendatang.

Pasca pengumunan tersebut, PKS yang selama ini intens melakukan komunikasi politik dengan Partai Nasdem memberi respon.

Presiden PKS, Ahmad Syaikhu menyampaikan sikap terkait deklarasi bakal calon presiden dari Partai Nasdem yang diunggah di akun instagram pk_sejahtera.

Baca Juga : Tok! NasDem Sulsel Usung Tasming Hamid di Pilwalkot Parepare

"PKS mengucapkan selamat kepada partai Nasdem yang telah memutuskan mendeklarasikan gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan sebabagai bakal calon presiden," kata Ahmad dalam video berdurasi lebih dari dua menit tersebut.

"PKS menyambut baik keputusan Partai Nasdem yang telah memilih Anies dari tiga kandidat hasil Rakernas. Semoga keputusan tersebut mendatangkan kebaikan bagi kemajuan bangsa Indonesia," lanjutnya.

Dalam video itu, Ahmad juga menyebut Anies sebagai salah satu tokoh dengan rekam jejak kepemimpinan yang baik. Bahkan, Anies disebut mampu menjadi simbol perubahan.

Baca Juga : Nasdem Siapkan Fatmawati Rusdi Maju Pemilihan Wali Kota Makassar

"PKS memandang bahwa figur Anies adalah salah satu tokoh nasional yang memiliki rekam jejak kepemimpinan yang baik, berjiwa nasionalis religius, memiliki kapasitas untuk memimpin bangsa dan mampu menjadi simbol perubahan untuk Indonesia di masa yang akan datang," tambahnya.

Ia mengatakan, PKS juga menghormati sikap politik Partai Nasdem yang memilih lebih awal untuk mendeklarasikan bakal calon presiden.

"Setiap partai politik memiliki mekanisme internal dalam memutuskan sikapnya terkait koalisi dan pencapresan. Keputusan koalisi dan pencapresan di internal PKS
akan ditentukan dalam mekanisme musyawarah majelis suroh," bebernya.

Baca Juga : Dapat Signal dari Nasdem, TSM Bulat Maju Pilkada Parepare

Ia juga menyebut komunikasi politik antara PKS dan Nasdem serta Demokrat berlagsung dengan sangat baik.

"Kami bersyukur bahwa komunkasi politik antara PKS, Nasdem dan Demokrat berlangsung dengan sangat baik, terbuka, setara dan mengedepannya rasa saling percaya untuk bersama-sama memilih calon pemimpin bangsa yang tebaik bagi rakyat Indonesia," bebernya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan resmi diumumkan oleh Partai NasDem sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024.

Baca Juga : Fatmawati Rusdi Jadi Wakil Ketua Umum Organisasi Pengusaha Pelayaran Nasional

Pengumuman itu disampaikan langsung Ketua Umum NasDem, Surya Paloh, di hadapan pengurus NasDem dalam pidato di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

"Saya minta saudara untuk mengawal, mengawal pencalonan Partai NasDem terhadap Saudara Anies Baswedan," ucap Surya Paloh.

#Partai NasDem #Anies Baswedan