Selasa, 27 September 2022 19:56

Waspada Wasir, Begini Gejala, Penanganan dan Pengobatannya

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Waspada Wasir, Begini Gejala, Penanganan dan Pengobatannya

"Jika pengobatan non bedah tidak menyembuhkan kondisi wasir yang diderita, dokter bisa menyarankan ambeien tersebut untuk dioperasi," tutupnya

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Hemoroid atau biasa disebut dengan Wasir/ambeien merupakan suatu kondisi dimana pembuluh darah di sekitar anus mengalami pelebaran jika kondisi ini berlanjut tanpa adanya tindakan medis bisa berakibat fatal yang ditandai dengan adanya perdarahan berwarna merah terang setelah buang air, gatal sekitar anus, nyeri disekitar anus serta adanya benjolan yang keluar dari anus.

Anggota Komite Medik RSUD Andi Makkasau, Mahyuddin Rasyid mengatakan wasir bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Pembukuh darah yang membesar bisa menjadi stretch dan pecah yang berakibat pada pendarahan di anus.

Mahyuddin membeberkan bebrapa gejala yang mungkin terjadi akibat Wasir atau Ambeien.

Baca Juga : Kuliah Umum ITH, Taufan Pawe dan Ilham Habibie Jadi Pembicara

"Diantaranya perasaan gatal di sekitar anus, ada gumpalan daging terasa di sekitar vania, perasaan sering ingin BAB, pendarahan dari lubah anus tanpa ada rasa sakit srta perasaan sakit di bagian anus yang dirasakan saat duduk," kata dokter ahli bedah tersebut.

Mahyuddin menyarankan jika merasakan gejala-gejala tersebut agar segera berkonsultasi dengan dokter.

 

"Ada beberapa metode pengobatan seperti merendam air hangat untuk mengurangi pembengkakan, diet dengan mengkonsumsi air dan makanan berserat, lakukan kebiasaan baik dengan tidak duduk terlalu lama serta olahraga teratur serta tidak. Menahan jika ingin BAB, sebelum mengkonsumsi obat konsultasikan ke dokter," jelasnya.

Baca Juga : Parepare Raih Bhumandala Award 2022

Mahyuddin juga menjelaskan penderita wasir sudah harus menjalani pengobatan serius jika sudah merasakan beberapa gejala klinis seperti muncul pendarahandari lubang anus atau pendarahan segar saat BAB, merasa lemas, suka pusing dan kelihatan pucat, ambeien yang biasanya bisa ditekan masuk tidak mau masuk dan tetap membengkak dimliar serta menderita kesakitan hingga sulit beraktifitas.

Sponsored by MGID

"Jika sudah mengalami gejala tersebut, penderita biasanya akan mendapat tawaran dari dokter untuk memilih penanganan wasir non bedah atau bedah. Jika pengobatan non bedah tidak menyembuhkan kondisi wasir yang diderita, dokter bisa menyarankan ambeien tersebut untuk dioperasi," tutupnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#RSUD Andi Makkasau #wasir #taufan pawe