Selasa, 27 September 2022 10:53

Putin Berikan Kewarganegaraan Rusia ke Edward Snowden Pembocor Dokumen Rahasia NSA

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Edward Snowden. (Foto: Getty Images)
Edward Snowden. (Foto: Getty Images)

Snowden mendapat izin penduduk tetap pada 2020. Ketika itu mengatakan ia berencana mendaftar untuk mendapatkan kewarganegaraan Rusia, tanpa melepas kewarganegaraan AS-nya.

RAKYATKU.COM, MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin, memberikan kewarganegaraan Rusia pada mantan kontraktor keamanan Amerika Serikat (AS), Edward Snowden. Demikian menurut keputusan presiden yang ditandatangani pemimpin Rusia itu, Senin (26/9/2022).

Snowden adalah salah seorang dari 75 warga neagra asing yang ada dalam daftar yang memberikan kewarganegaraan Rusia itu. Keputusan ini juga telah diumumkan di situs resmi pemerintah.

Snowden, mantan kontraktor di Dewan Keamanan Nasional AS (NSA), telah tinggal di Rusia sejak 2013 ketika ia melarikan diri dari penuntutan di AS setelah membocorkan sejumlah dokumen rahasia yang merinci program pemantauan pemerintah.

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

Snowden mendapat izin penduduk tetap pada 2020. Ketika itu mengatakan ia berencana mendaftar untuk mendapatkan kewarganegaraan Rusia, tanpa melepas kewarganegaraan AS-nya.

Pengacara Snowden, Anatoly Kucherena, mengatakan kepada kantor berita negara Rusia, RIA Novosti, bahwa pasangannya Lindsay Mills sekarang juga akan mengajukan permohonan kewarganegaraan Rusia. Sementara, putri mereka telah memiliki paspor Rusia yang telah lahir di negara tersebut.

Putin pekan lalu mengumumkan mobilisasi warga laki-laki Rusia untuk berkontribusi pada pertempuran militer di Ukraina dan Kucherena, mengatakan bahwa Snowden tidak akan dipanggil untuk mengabdi karena dia tidak memiliki pengalaman sebelumnya di tentara Rusia.

Baca Juga : Rusia: Pemimpin Kelompok Wagner Dipastikan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, sementara itu mengatakan kepada kantor berita bahwa Snowden telah menerima kewarganegaraan Rusia atas permintaannya sendiri.

Sumber: VOA Indonesia, RIA Novosti

#Rusia #vladimir putin #Edward Snowden