Sabtu, 17 September 2022 23:08

Dilantik Bersamaan, Inilah Ketua dan Sekretaris UKM se-Unismuh Makassar.

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dilantik Bersamaan, Inilah Ketua dan Sekretaris UKM se-Unismuh Makassar.

Kaya bukan sekadar uang, melainkan pula secara jasmani dan rohani. Mentalitas kaya, berarti mentalitas memberi. Memberi ilmu, memberi keahlian, sesuai UKM masing-masing.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR-- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) harus berperan sebagai fasilitator dalam penguatan keahlian, mentalitas, serta manajemen tubuh dan pikiran mahasiswa.

Hal itu disampaikan Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Prof Gagaring Pagalung, dalam sambutan pelantikan Pengurus 11 UKM se-Unismuh. Acara digelar di Balai Sidang Muktamar Muhammadiyah, Kampus Unismuh Makassar, Jalan Sultan Alauddin, Sabtu, 17 September 2022.

Acara pelantikan dihadiri Rektor Unismuh Prof Ambo Asse, Wakil Rektor II Prof Andi Sukri Syamsuri, Wakil Rektor III Dr Muhammad Tahir, Wakil Rektor IV Drs KH Mawardi Pewangi MPdI. Beberapa Dekan, Wakil Dekan, dan Lembaga Tingkat Universitas turut hadir.

Menurut Prof Gagaring, 11 pilar UKM yang ada di Unismuh, mencerminkan ada 11 keahlian yang bisa diolah dan dikembangkan. “Perkuat keahlian dan kompetensi masing-masing. Namun jauh lebih bagus, jika ada sinergitas antar 11 keahlian tersebut,” ungkap Guru Besar Ilmu Akuntansi ini.

Selain keahlian, ia juga berpesan agar UKM turut berperan dalam penguatan mentalitas mahasiswa. Gagaring menyarankan agar UKM memupuk mentalitas ‘orang kaya’.

“Kaya bukan sekadar uang, melainkan pula secara jasmani dan rohani. Mentalitas kaya, berarti mentalitas memberi. Memberi ilmu, memberi keahlian, sesuai UKM masing-masing,” ujarnya.

Prof Gagaring menekankan, bahwa mentalitas yang tak kalah penting adalah spirit membebaskan dan memberdayakan. “Mental memberi, membebaskan dan memberdayakan, itulah mentalitas Muhammadiyah,” lanjutnya.

Sponsored by MGID

Ia menambahkan, UKM juga perlu mengedukasi mahasiswa pentingnya manajemen tubuh dan pikiran yang sehat.

Setidaknya, kata Gagaring, ada lima bagian tubuh yang perlu pengelolaan. Pertama, otak, melalui pengolahan ilmu pengetahuan.

Kedua, leher. “Leher dimaknai pentingnya mengonsumsi makanan enak dan sehat. Ketiga, hati, yang sangat erat dengan pengolahan sisi afeksi dan Nurani.

“Keempat, perut, kebutuhan untuk bertahan hidup fisik. Terkahir, di bawah perut, atau hawa nafsu yang perlu dikelola secara baik dan benar,” ujar Gagaring.

Rektor Unismuh Prof Ambo Asse menitipkan sejumlah pesan dan harapan kepada para pengurus 11 UKM yang dilantik. Ia berharap UKM terlibat aktif dalam pencapaian visi Unismuh Makassar. Visi Unismuh yakni, Menjadi Perguruan Tinggi Islam Terkemuka, Unggul, Terpercaya, Dan Mandiri.

“Sebenarnya Sebagian besar visi ini sudah terwujud. Sebagai perguruan tinggi Islam, Unismuh telah ditetapjan Majelis DIktilitbang PP Muhammadiyah sebagai perguruan tinggi paling Islami dari 172 PTM di Indonesia,” ungkap.

Ia mengaku, belum mengetahui persis kriteria sehingga Unismuh meraih predikat sebagai kampus paling Islami. “Tapi dugaan saya, karena kampus kita menegaskan diri sebagai kampus bebas asap rokok. Bahkan, dipajang besar-besar larangan merokok. Selain itu, di kampus ini ada seruan salat berjamaah tiap waktu salat, semua aktivitas dihentikan saat azan berkumandang,” ungkap Ambo Asse.

Guru Besar Ilmu Hadits ini menambahkan, indikator kebersihan dan keteraturan lokasi parkir. “Saya berharap Ananda pengurus UKM senantiasa terlibat dalam menjaga predikat kampus Islami,” ujar nakhoda Unismuh Makassar, sekaligus Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel ini

Prof Ambo juga menyinggung predikat sebagai kampus terpercaya. “Alhamdulillah, hingga hari ini sudah ada 4.072 mahasiswa yang berstambuk. Waktu pengukuhan kemarin, ada 4.051 orang. Pendaftaran sudah kita tutup, tapi bagi yang sudah dinyatakan lulus, masih kita beri kesempatan mendaftar ulang,”

Diketahui, ada 4.655 mahasiswa Unismuh yang dinyatakan lulus, dari 9.223 pendaftar. “Banyaknya pendaftar tersebut menunjukkan bahwa Unismuh telah mendapatkan kepercayaan masyarakat,” ujar Ambo Asse.

Selain itu, lanjutnya, Unismuh juga telah meraih predikat sebagai kampus terkemuka. “Lembaga pemeringkat internasional, Unirank, menempatkan Unismuh sebagai Universitas Swasta terbaik di Sulsel,” jelasnya.

Namun Prof Ambo menyebut, satu hal yang belum tercapai yakni tercapaianya predikat ‘Unggul’. “Semua kegiatan yang kita lakukan, semuanya menuju ke sana. Sejak saya dilantik 2020, itu menjadi konsen saya. Insyaallah, Agustus 2023, dokumen akreditasi akan kita kirim ke BAN PT. Semoga kitab isa meraih predikat Unggul,” harap Prof Ambo.

Susunan Pengurus Inti UKM se-Unismuh

Pengurus 11 UKM dilantik oleh Wakil Rektor III Unismuh Makassar Dr Muhammad Tahir. Adapun susunan Ketua dan Sekretaris UKM yang dibacakan Sekretaris Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) Dian Pramana Putra MPd, sebagai berikut:

UKM Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA), Ketua Umum Lukman Nur Hakim Amran Saputra dan Sekretaris Umum Johan Ibrahim.

UKM Olahraga, Ketua Umum Thaufiq Makkarateng dan Sekretaris Umum Syamsuriani.

UKM Pemerhati Alam dan Lingkungan (PAHALA), Ketua Umum Muhammad Yunus dan Sekretaris Umum Muhammad Erwin.

UKM Sepak Bola, Ketua Umum Firman dan Sekretaris Umum Asranda.

UKM Seni Budaya Talas, Ketua Umum Suandi, dan Sekretaris Umum Muhammad Alfaidin.

UKM Tapak Suci Putra Muhammadiyah, Ketua Umum Umar, dan Sekretaris Umum, Wahyu M Yani.

UKM Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit 14, Ketua Umum Thamrin, dan Sekretaris Umum Jalifah.

UKM Bahasa, Ketua Umum Andi Umrah Basri, dan Sekretaris Umum Madina.

UKM Pers Mahasiswa Corong, Ketua Umum Muh Abbas, dan Sekretaris Umum, Muhammad Amiruddin Rahman.

UKM Hizbul Wathan, Ketua Umum Nur Zakinah, dan Sekretaris Umum Devi Triana.

UKM Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM), Ketua Umum Sukirman, dan Sekretaris Umum Nurfadillah.(*)

Penulis : Lisa Emilda