Rabu, 21 September 2022 08:44

Software Payroll Indonesia Bisa Jadi Solusi Sistem Penggajian

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Payroll sendiri merupakan skema penggajian dari perusahaan kepada karyawan untuk jangka waktu tertentu di mana tanggal pencairan sudah ditentukan.

RAKYATKU.COM - Software payroll Indonesia adalah sebuah platform yang bisa membantu HR perusahaan untuk mengelola sistem payroll secara otomatis. Bagi Anda yang bekerja di perusahaan, pasti tidak asing dengan istilah payroll atau yang lebih akrab dikenal dengan sistem penggajian.

Nah, payroll sendiri merupakan skema penggajian dari perusahaan kepada karyawan untuk jangka waktu tertentu di mana tanggal pencairan sudah ditentukan.

Dalam perusahaan besar yang memiliki banyak karyawan, tentu akan jadi kesulitan bagi HR saat proses penggajian jika dilakukan tanpa sistem payroll yang otomatis. Belum lagi, dengan perhitungan cuti atau lembur yang akan berpengaruh pada gaji.

Maka kebanyakan perusahaan besar, untuk masalah payroll sudah dikelola oleh pihak ketiga, seperti dengan memanfaatkan software payroll Indonesia. Karena dengan sistem payroll ini perusahaan akan mudah memproses penggajian.

Bahkan, dengan perhitungan yang otomatis, cepat, dan akurat meskipun karyawan perusahaan tersebut sangat banyak. Untuk mengetahui lebih dalam apa itu software payroll Indonesia, simaklah penjelasan di bawah ini.

Pengertian Software Payroll Indonesia
Payroll adalah sistem penggajian dari perusahaan kepada karyawan sebagai upah atas jasa yang sudah dikerjakan untuk jangka waktu tertentu sesuai yang sudah ditentukan. Pada perusahaan yang masih relatif kecil, sistem payroll ini masih banyak ditangani sendiri oleh pemilik perusahaan, karena karyawan yang masih sedikit.

Namun, untuk perusahaan besar yang memiliki banyak karyawan, bahkan ada yang mencapai ratusan hingga ribuan, akan sangat sulit untuk mengelolanya sendiri. Maka, banyak perusahaan besar yang saat ini sudah menggunakan sofware payroll untuk memudahkan sistem penggajian.

Sponsored by MGID

Adapun software payroll ini adalah platform yang dapat membantu HR perusahaan untuk mengelola sistem payroll atau penggajian secara otomatis dan mudah. Umumnya terintegrasi dengan sistem absensi dan kehadiran karyawan sehingga memudahkan operasional yang sebelumnya bersifat manual dan memakan waktu cukup lama menjadi lebih simpel dan cepat.

Perhitungan dari setiap komponen payroll selalu akurat serta sesuai dengan hak pekerja dan ketentuan dari pemerintah. Maka software payroll Indonesia ini adalah solusi tepat untuk seluruh perusahaan yang ada di Indonesia agar dapat menghindari risiko salah hitung dan waktu yang banyak terbuang pada sistem penghitungan manual.

Tujuan Software Payroll Indonesia
Dalam perhitungan gaji dengan cara manual itu cukup merepotkan dan memakan banyak waktu. Selain itu, jika menghitung gaji dengan cara manual, tidak menutup kemungkinan terjadi kesalahan-kesalahan yang berakibat fatal.

Karena gaji itu menyangkut kesejahteraan karyawan. Jika karyawan tersebut mengalami kendala atau kesalahan dalam penerimaan gaji maka resikonya akan berimbas pada kualitas kerja di perusahaan dan kesejahteraan karyawan itu sendiri.

Sekarang ini masih dijumpai metode penggajian yang kurang optimal karena dilakukan secara manual atau konvensional. Ada saja masalah. Baik masalah keterlambatan rekap pembayaran yang seharusnya sudah bisa dikelola secara otomatis dan akurat melalui sistem payroll.

Dengan adanya software payroll Indonesia, perusahaan bisa dengan mudah menghitung gaji karyawan sekaligus komponennya secara otomatis. Perhitungan dan distribusi gajinya pun menjadi lebih akurat, fleksibel, dan tetap aman.

Fungsi Software Payroll Indonesia
Sesuai dengan namanya, software payroll Indonesia ini membantu perusahaan-perusahaan dalam proses penggajian karyawannya. Platform ini juga merekapitulasi komponen payroll secara otomatis dan dapat dikerjakan tanpa adanya proses double entry secara manual. Perhitungannya pun selalu akurat dan sesuai dengan hak karyawan dan ketentuan pemerintah.

Dengan kata lain, menggunakan software payroll Indonesia ini membuat pekerjaan menjadi lebih mudah, cepat, akurat dan tentunya tanpa khawatir terjadi kesalahan dalam perhitungannya. Karena platform ini menghitung gaji karyawan secara detail termasuk hitungan lembur atau potongan pajak, asuransi atau yang lainnya. Setelah itu, gaji tersebut dikirim secara otomatis ke rekening karyawan dengan tepat waktu tanpa membebani HR dan status pembayaran gajinya juga terpantau.

Software payroll Indonesia juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Terutama dari segi jumlah karyawannya. Di mana kebanyakan perusahaan hanya membutuhkan sedikit fitur, sedangkan perusahaan besar membutuhkan lebih banyak fitur seperti fitur absensi, jadwal kerja, pergantian shift, cuti, lembur, perizinan, dan juga hal yang lainnya.

Selain yang disebutkan sebelumnya, software payroll Indonesia ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat laporan sesuai dengan kebutuhan. Laporannya pun akan mudah dibaca dan dianalisis. Bersama accounting, pihak payroll officer ini bisa membuat laporan detail yang disesuaikan kebutuhan perusahaan.

Keuntungan Menggunakan Software Payroll Indonesia
Jika dibandingkan dengan perhitungan gaji manual, software payroll pasti jauh lebih banyak keunggulannya. Selain menjadi lebih mudah, praktis, cepat, dan akurat, karyawan juga bisa mengakses data informasi tentang jumlah gaji, potongan, waktu kerja, bonus, dan lain sebagainya dengan lebih mudah dan cepat.

Jika dulu pengajuan cuti itu melalui proses yang cukup rumit, dengan menggunakan software payroll karyawan bisa mengajukan cuti tanpa harus membuat surat permohonan dan surat pernyataan kepada HRD.

Dengan begini tentunya perusahaan juga bisa menghemat biaya operasional yang dikeluarkan untuk membeli kertas dan tinta. Juga mengurangi berkas-berkas yang nantinya hanya akan menumpuk dan tidak berguna.

Keuntungan menggunakan software payroll Indonesia yang lainnya yaitu bisa diakses kapan saja, dari mana saja, dan dari perangkat apa saja. Namun hal itu hanya bisa dilakukan jika platform atau aplikasi yang dipakai oleh perusahaan sudah berbasis cloud. Karena dengan basis tersebut, sistem dan data yang ada akan disimpan di cloud.

Fitur Software Payroll
Untuk penggunaan yang baik dan nyaman, tentu memerlukan software payroll yang mempunyai fitur yang baik juga lengkap. Anda perlu memeriksa fitur apa saja yang bisa Anda dapatkan dalam memakai sebuah software payroll Indonesia. Adapun fitur-fitur tersebut di antaranya seperti:

-Kalkulasi payroll atau sistem penghitungan gaji tanpa proses manual
Fungsi utama software payroll adalah untuk menghitung gaji karyawan secara otomatis, maka fitur ini jadi fitur yang paling penting. Tapi Anda juga harus mempertimbangkan keakuratan dalam kalkulasi payroll ini.

Di mana dalam kalkulasi payroll harus menghitung semua komponen penggajian secara mudah dan otomatis, seperti pajak penghasilan, BPJS kesehatan, BPJS ketenagakerjaan, bonus, tunjangan, angsuran pinjaman, juga perhitungan penghasilan tidak tetap, dengan laporan komprehensif dan sesuai regulasi pemerintah.

-Pembayaran payroll ke berbagai bank dengan jadwal yang bervariasi
Meskipun dengan software payroll Indonesia di mana gaji bisa dibayar secara otomatis, Anda tetap memiliki kontrol penuh atas pembayaran gaji. Anda juga bisa melakukan pembayaran payroll lebih dari satu periode cut-off di dalam satu bulan sesuai kebijakan yang ditetapkan oleh perusahaan tanpa terikat sedikit pun dengan peraturan yang berlaku di bank.

Dalam pembayaran payroll ke karyawan juga terjamin keamanannya karena Anda juga bisa memantau status pembayaran payroll ke seluruh karyawan secara real-time pada dashboard yang ada dalam platform tersebut. Dan tentunya Anda dapat dengan mudah membayarkan gaji kepada karyawan melalui bank apa saja.

-Adanya laporan payroll yang dapat diakses dengan instan dan akurat
Sistem payroll tidak akan bisa lepas dari hal yang bernama laporan. Software payroll Indonesia yang baik, bisa membantu perusahaan untuk membuat laporan payroll yang akurat dan bisa diakses kapan saja saat dibutuhkan. Laporannya pun lengkap meliputi laporan penggajian, pajak, pembayaran BPJS, reimbursement, tunjangan lembur, pinjaman karyawan dan lain-lain.

-Adanya payslip
Payslip merupakan fitur pembuatan dan pendistribusian payslip secara otomatis. Anda bisa membuat slip gaji secara rinci, Anda juga bisa membuat slip gaji yang di dalamnya terdapat berbagai komponen payroll yang paling kompleks secara cepat. Dan slip gaji juga bisa diakses oleh karyawan dengan mudah tanpa memintanya dari HR.

Sistem Pembukuan Otomatis
Software payroll Indonesia sekarang ini bisa menerapkan sistem pembukuan otomatis. Meskipun otomatis, Anda tetap bisa mengelolanya dan mengatur sesuai kebutuhan agar memudahkan kinerja Anda dalam memberikan hak setiap karyawan yang ada di perusahaan.

Dengan sistem pembukuan ini, Anda bisa terus mengontrol dan mengakses data gaji karyawan kapan saja dan di mana saja. Pembukuan otomatis ini juga bisa berguna untuk arsip perusahaan tanpa repot-repot mengumpulkan banyak data saat membuat laporan keuangan.

Keamanan Software Payroll
Software payroll harus memiliki tingkat keamanan yang tinggi untuk melindungi database karyawan, menghindari pencurian data dan serangan siber, pengelolaan data secara etis, dan keamanan transaksi. Namun untuk masalah keamanan tidak perlu diragukan lagi karena software payroll Indonesia ini sudah sangat terpercaya. Data-data yang ada akan dijamin tidak bocor.

Cara Kerja Sistem Payroll
Software payroll Indonesia memiliki cara kerja yang efisien, efektif, cepat, dan sangat memudahkan Anda. Secara otomatis, gaji karyawan akan dihitung berdasarkan rekapitulasi time tracking dan beberapa komponen yang mempengaruhi gaji, yaitu: cuti, deduksi, dan juga kompensasi.

Software payroll Indonesia dapat membantu perusahaan untuk meninggalkan proses perhitungan manual yang berisiko tinggi terdapat kesalahan, rumit, dan membutuhkan waktu lama.

Cara Memilih Software Payroll yang Baik
Terkadang suatu perusahaan tidak cocok dengan software payroll tertentu karena adanya peraturan penggajian yang berlaku. Maka, sebelum menggunakannya Anda harus berkonsultasi pada vendor software payroll yang Anda pilih agar bisa bermanfaat penuh sesuai yang Anda inginkan. Untuk mencari software payroll yang cocok untuk perusahaan Anda, pertimbangkan lah beberapa hal berikut ini terlebih dahulu:

-Software payroll bisa disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang ada. Karena setiap karyawan pasti mempunyai pekerjaan dan jabatan yang berbeda, maka jangan sampai urusan gaji tersebut membuat rugi perusahaan atau pihak karyawan.

-Software payroll bisa disesuaikan dengan UMR di masing-masing tempat perusahaan itu berada. Terutama jika perusahaan tersebut memiliki cabang di beberapa tempat yang berbeda.

-Software payroll bisa disesuaikan dengan kebijakan pemerintah

Software Payroll Indonesia Tepercaya Bersama Talenta
Talenta adalah salah satu platform atau aplikasi yang memegang ranah sistem payroll. Talenta juga memenuhi kualifikasi software payroll Indonesia yang baik dan berkualitas dengan menawarkan banyak fitur di dalam platform tersebut.

Anda bisa menyesuaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan software payroll Indonesia milik talenta. Dengan perhitungan gaji yang akurat, cepat, dan aman.

Talenta juga memiliki fitur-fitur yang mendukung keakuratan sistem penggajian seperti absensi, keterangan cuti, keterangan lembur dan lain sebagainya. Perhitungan gajinya juga sesuai dengan peraturan yang diterapkan oleh pemerintah.

Bagi Anda yang masih bingung untuk mencari software payroll apa yang cocok untuk perusahaan Anda, Anda bisa memilih software payroll Indonesia dari Talenta sebagai solusinya. Dan bagi Anda yang masih ragu untuk berpindah dari perhitungan manual, ambillah keputusan untuk menggunakan software payroll Indonesia ini, karena selain bisa menghemat waktu dalam proses perhitungan gaji karyawan, software payroll ini juga memungkinkan perusahaan untuk lebih menghemat anggaran untuk gaji staf HRD atau keuangan.

Untuk mengaksesnya Anda bisa membukanya melalui website talenta atau mengunduh aplikasi software payroll Indonesia di play store untuk pengalaman yang lebih menyenangkan.

#Sistem Penggajian Perusahaan