Selasa, 20 September 2022 08:15

Konferensi Asia-Pasifik 2022 di Australia, Wawali Makassar Bahas Perubahan Iklim dan Adaptasi Pascapandemi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wakil Wali Kota (Wawali) Makassar, Fatmawati Rusdi.
Wakil Wali Kota (Wawali) Makassar, Fatmawati Rusdi.

Ada beberapa poin yang disampaikan. Salah satunya, program infrastruktur perlindungan pantai dengan membangun revetment untuk mencegah pergeseran garis pantai dan erosi.

RAKYATKU.COM, BRISBANE - Wakil Wali Kota (Wawali) Makassar, Fatmawati Rusdi, menghadiri pertemuan Asia-Pasific Ministerial Conference on Disaster Risk Reduction 2022, di Brisbane, Australia, Senin (19/9/2022).

Di hadapan delegasi, Fatmawati berbicara tentang upaya Kota Makassar dalam menghadapi risiko bencana perubahan iklim dan adaptasi pascapandemi Covid-19.

Ia panel dengan Gubernur Queensland, Annastacia Palaszczuk, dan Secretary General Of UCLG ASPAC, Bernadia Irawati Tjandradewi.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Ada tiga poin penting yang ia paparkan. Pertama, melalui program infrastruktur seperti perlindungan pantai dengan membangun revetment untuk mencegah pergeseran garis pantai dan erosi.

“Termasuk juga membangun polder dan reklamasi untuk mengurangi risiko dari laut sebagai upaya penanganan banjir rob,” kata Fatmawati.

Kedua, membentuk pusat evakuasi dan relawan bencana untuk mengurangi risiko cuaca ekstrem berbasis komunitas. Baik itu masyarakat, sukarelawan, organisasi non pemerintah bersinergi dan berkolaborasi dalam penanggulangan rawan banjir, kebakaran, dan angin puting beliung.

Baca Juga : Fatmawati Rusdi Jadi Wakil Ketua Umum Organisasi Pengusaha Pelayaran Nasional

Ketiga, pengurangan risiko lingkungan program untuk mengurangi emisi yang tinggi dari karbon. Termasuk pengelolaan limbah hingga membangun koridor hijau.

“Paling penting adalah edukasi tentang kesadaran masyarakat terhadap upaya mitigasi bencana khususnya subklaster perlindungan pada kelompok rentan (lansia, disabilitas dan anak),” tegasnya.

Diketahui, konferensi ini diadakan di Brisbane, Australia, 19-22 September 2022, di Pusat Konferensi dan Pameran Brisbane.

#pemkot makassar #Fatmawati Rusdi