Senin, 19 September 2022 11:38

Anggota DPR RI Hasnah Syam dan Kemenkes Bekali CJH Barru Cara Rawat Kesehatan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
sosialisasi kesehatan haji dan vaksinasi Covid-19 di Baruga Singkerru Adae, rumah jabatan Bupati Barru, Senin (19/9/2022).
sosialisasi kesehatan haji dan vaksinasi Covid-19 di Baruga Singkerru Adae, rumah jabatan Bupati Barru, Senin (19/9/2022).

Pelaksanaan haji sudah bisa dilaksanakan kembali sejak Covid-19 mewabah. Menyambut ibadah haji 2023 mendatang, kesehatan calon jemaah perlu mendapat perhatian.

RAKYATKU.COM, BARRU - Anggota DPR RI, Hasnah Syam, berkolaborasi dengan Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengadakan sosialisasi kesehatan haji dan vaksinasi Covid-19.

Kegiatan berlangsung di Baruga Singkerru Adae, rumah jabatan Bupati Barru, Senin (19/9/2022). Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan calon jemaah haji (CJH) dalam merawat kesehatannya.

Hasnah Syam mengatakan, patut disyukuri karena pelaksanaan haji sudah bisa dilaksanakan kembali sejak Covid-19 mewabah. Oleh karena itu, dalam menyambut ibadah haji 2023 mendatang, kesehatan calon jemaah perlu mendapat perhatian.

Baca Juga : Bawaslu Barru Harap Masyarakat Terlibat Aktif Laporkan Pelanggaran Pemilu

"Kami juga beri perhatian kepada calon jemaah haji soal vaksin. Jangan sampai ada calon jemaah belum vaksinasi jelang keberangkatannya. Ini yang kita identifikasi dini," ujar Hasnah.

Kepala Dinas Kesehatan Barru, dr. Amis Rifai, yang hadir mengatakan sosialisasi tahap awal ini bertujuan untuk membekali para CJH Barru yang akan berangkat pada 2023 nanti agar bisa menjaga kesehatannya sampai masa keberangkatan.

 

Mengingat, kata dia, CJH memiliki waktu panjang sebelum diberangkatkan. Seorang CJH yang masuk daftar tunggu bisa menunggu sampai 28 tahun keberangkatannya.

Baca Juga : Milad ke-56, Bupati Barru Kagum Gappembar Banyak Lahirkan Orang Sukses

"Ibadah haji itu adalah kegiatan fisik. Tentunya akan berbeda kondisi kesehatannya ketika mendaftar dan saat berangkat. Maka kami berikan bimbingan menjaga kesehatan kepada calon jemaah haji kita, dari persiapan, berangkat, saat ibadah dan pulang berhaji," terangnya.

Sponsored by MGID

Ketua Kelompok Kerja Pusat Kesehatan Haji Kemenkes, Arjuna Sakti, menyampaikan bahwa latihan kebugaran perlu rutin setiap hari dilaksanakan CJH dari sekarang.

"Kalau rutin berolahraga, bisa bikin badan tidak mudah lelah saat beraktivitas. Selain itu wajib membiasakan minum air putih lebih banyak, ini untuk menjaga kestabilan tubuh. Apalagi di Arab Saudi suhu bisa mencapai 50 derajat, rentan dehidrasi," ucapnya.

Penulis : Achmad Afandy
#hasnah syam #Kementerian Kesehatan #Pemkab Barru #Dinas Kesehatan Barru