Minggu, 18 September 2022 17:04

Endah dan Rhesa Bocorkan Trik Membuat Lagu Dalam Acara Jakarta Travel Fair 2022 di Makassar

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Endah dan Rhesa Bocorkan Trik Membuat Lagu Dalam Acara Jakarta Travel Fair 2022 di Makassar

"M Bloc jadi memang (jadi tempat) fasilitas anak muda untuk berkarya dan berkreasi. Kalau aku Kemang Selatan, karena itu memang menjadi tempat kita mengawali karir dulu. Sebelum ada Senoparty kita ada Kemang Party," sambung Rhesa.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Duo mususi Indonesia, Endah dan Rhesa ikut meramaikan acara Jakarta Travel Fair (JTF) 2022 di Makassar, Sabtu 17 September 2022. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta yang berlangsung Jumat-Minggu (16 -18/9/2022) di Trans Studio Mall (TSM) Makassar.

Di sela-sela penampilannya, Endah dan Rhesa membocorkan arti penting Kota Jakarta bagi perkembangan karir musik mereka.

 

"Arti Kota Jakarta terhadap karir kami tentu saja sangat besar karena memang kami banyak memulai karir dengan nge-gigs di sana. Festival utama juga pada saat itu banyak di Jakarta. Jadi memang selain jadi tempat kami untuk berkarir tapi di situ juga menjadi pusat hiburan , meskipun sekarang sudah tersebar, tapi memang kita memulai karir di Jakarta," kata Endah.

Baca Juga : Kubah Masjid Jakarta Islamic Centre Terbakar

Hal senada disampaikan oleh Rhesa yang menyambung kalimat Endah. "Kita tumbuh di Jakarta, jadi dari pengalaman yang kita dapat di Jakarta, jadi dari pengalaman yang kita dapat di Jakarta itu memang banyak," sebut Endah.

Keduanya pun kompak memilik M Bloc sebagai favorit wisata urban dari hanya banyak wisata urban di Jakarta seperti taman kota, hutan kota, hingga ruang ketiga.

"Wisata urban, kalau aku sejauh ini masih nyangkut sama M Bloc. Karena memang selain memugar tempat-tempat yang bersejarah, misalnya bangunan yang dulu dipakai untuk Departemen Keuangan, Kantor POS. Selain memberikan satu napak tilas sejarah, tempat itu juga memberikan banyak sekali tempat atau venue-venue yang bisa anak-anak main musik atau menikmati musik dan kreativitas," kata Endah.

Baca Juga : Menkumham Yasonna Temui Murid SD dan SMP di Makassar

"M Bloc jadi memang (jadi tempat) fasilitas anak muda untuk berkarya dan berkreasi. Kalau aku Kemang Selatan, karena itu memang menjadi tempat kita mengawali karir dulu. Sebelum ada Senoparty kita ada Kemang Party," sambung Rhesa.

Sponsored by MGID

Dalam kesempatan ini, Endah dan Rhesa pun memberi bocoran bagaimana mereka menciptakan karya yang akhirnya menjadi lagu yang enak di telinga.

"Kita (memulainya) dari tema dulu, tema apa yang ingin kita sampaikan. Bisa dimulai dari judul, lalu kita kembang kita mau bercerita tentang apa di dalamnya baru kita berkreativitas di dalam musiknya. Mau seperti apa garapannya dan mau disampaikannya seperti apa itu ada alat musik. Akan lebih mudah kalau sudah ada tema dulu," jelas Rhesa.

Baca Juga : Pengurus OSIS Kunjungan Belajar ke DPRD Makassar

Endah juga menyebut, merapikan tema terlebih dahulu sangat penting untuk menentukan nada lagu.

"Karena tema kadang-kadang menentukan melodi, tema (juga) mengarahkan lirik. Lirik adalah mantra dan lagu adalah doa," kata Endah.

#Endah dan Rhesa #Jakarta Travel Fair 2022 #Music Indonesia #Musisi Indonesia #Jakarta #kota makassar