Rabu, 14 September 2022 17:01

Peringatan Harhubnas, KSOP Parepare Akan Gelar Bersih Laut dan Pantai

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peringatan Harhubnas, KSOP Parepare Akan Gelar Bersih Laut dan Pantai

"Kita ingin lingkungan laut dan pantai kita bisa terhindar dari sampah khususnya sampah plastik, " tandasnya.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Direktorat Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan kelas III Parepare, Sulawesi Selatan akan menggelar kegiatan bersih-bersih laut dan pantai.

Kegiatan ini sebagai rangkaian peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2022 yang diperingati setiap tanggal 17 September dengan mengangkat tema "Bangkit Maju Bersama".

 

Rapat persiapan kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Parepare Iskandar Nusu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Parepare Budi Rusdi serta stake holder terkait di pelabuhan dan pengusaha pelayaran .

Baca Juga : Pemkot Serahkan Rancangan Awal RPJPD 2025-2045 ke DPRD Parepare

"KSOP Parepare bersama instansi terkait dan sejumlah stakeholder akan melaksanakan aksi bersih-bersih laut dan pantai. Namun, sudah ada beberapa rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan, diantaranya turnamen olahraga dan penyuluhan keselamatan pelayaran," kata Kepala KSOP Kelas III Parepare, Shaiful Horry pada Rabu (14/9/2022) .

Shaiful menyebut aksi bersih-bersih laut dan pantai, akan melibatkan sekitar 400 orang peserta yang akan menyisir beberapa titik di area pelabuhan Cappa Ujung dan Pelabuhan Nusantara.

"Kita perkirakan ada 400 orang yang akan terlihat dari unsur stakeholder dan mitra serta mendapat support dan dukungan dari pemerintah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Parepare, dan Dishub Kota Parepare," jelasnya.

Baca Juga : Komunitas Sepeda Onthel Parepare Terbentuk, Penjabat Wali Kota Harap Mampu Gerakkan Roda Ekonomi

Shaiful berharap kegiatan bersih laut dan pantai sebagai langkah nyata KSOP dalam menjaga lingkungan maritim dari bahaya sampah.

"Kita ingin lingkungan laut dan pantai kita bisa terhindar dari sampah khususnya sampah plastik, " tandasnya.

Shaiful menambahkan kegiatan tersebut juga sebagai upaya dalam rangka meningkatkan silaturahmi dan kerjasama lintas sektor dalam pengelolaan sampah.

Baca Juga : Kota Parepare Masuk Nominasi Terbaik Penghargaan Pembangunan Daerah se-Sulsel

"Kita berharap dengan aksi ini dapat lebih menanamkan rasa tanggung jawab terhadap kebersihan sekitar yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas kerja, kenyamanan serta tentunya mewujudkan lingkungan yang sehat," jelasnya.

Puncak peringatan Harhubnas di Parepare akan ditutup dengan upacara Harhubnas di Kantor KSOP Parepare, 17 September mendatang.

Penulis : Hasrul Nawir
#kota parepare #Pemkot Parepare