Senin, 12 September 2022 21:03

Lahirkan Mahasiswa Produktif dan Berprestasi, LKA MPM UINAM Gelar MQL Bacth VI

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Lahirkan Mahasiswa Produktif dan Berprestasi, LKA MPM UINAM Gelar MQL Bacth VI

Rafiqah selaku Ketua Koordinator Kemuslimahan LKA MPM UIN Alauddin Makassar mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini dilaksanakan yaitu bagaimana mahasiswa bisa meraih prestasi yang tinggi, bukan hanya tinggi tapi juga berkah di kampus.

RAKYATKU.COM, GOWA - Lembaga Kajian Al-Qur'an Mahasiswa Pencinta Masjid (LKA MPM) UIN Alauddin Makassar kembali adakan An Amazing Qur'anic Event yaitu Moslem Qur'anic Learning (MQL) untuk keenam kalinya bertema "Mahasiswa Produktif Meraih Prestasi Berkah di Perguruan Tinggi," Ahad (11/09/2022).

Kegiatan ini berlangsung di Gedung CBP (Character Building Program) Kampus UIN dan dihadiri oleh 194 mahasiswa muslimah dari berbagai fakultas yang ada di UIN Alauddin Makassar dan beberapa lainnya dari kampus lain yang ada di Kota Makassar.

Rafiqah selaku Ketua Koordinator Kemuslimahan LKA MPM UIN Alauddin Makassar mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini dilaksanakan yaitu bagaimana mahasiswa bisa meraih prestasi yang tinggi, bukan hanya tinggi tapi juga berkah di kampus.

Baca Juga : Himpunan Mahasiswa Program Studi Agama-Agama UIN Alauddin Makassar Gelar Seminar Nasional

"Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar mahasiswa bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan menjadi mahasiswa produktif dan tentunya bisa meraih prestasi berkah di kampus selain itu kegiatan ini bertujuan sebagai sarana mahasiswa untuk belajar Al-Qur'an, dengan dibuatkannya kelompok belajar Al-Qur'an sebagai follow up dari kegiatan ini," jelasnya.

Wanita alumni S1 Pendidikan Bahasa Arab tersebut berharap melalui kegiatan MQL ini mahasiswa bisa menjadi sebaik-baik manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya.

"Melalui kegiatan ini, berharap bisa menjadikan mahasiswa yang bukan biasa-biasa saja, tapi mahasiswa yang mampu menjadikan waktunya adalah masa-masa produktif, berprestasi dan bermanfaat untuk orang lain," ungkapnya dalam sambutan kegiatan.

Baca Juga : Guru Besar UINAM Harap LKA MPM Bina Mahasiswa Membaca Al-Qur'an

Pada acara tesebut, panitia menghadirkan Ustazah Aini Qomariyah yang merupakan seorang Daiyah selaku pemateri di kegiatan MQL ini.

Dalam pemaparan materinya, Ustazah Aini menyampaikan bahwa untuk menjadi produktif dan berkah di kehidupan ini adalah berawal dari kesyukuran.

"Untuk bisa menjadi manusia atau mahasiswa yang produktif kita hanya perlu memulainya dengan kesyukuran. Bersyukur atas banyaknya kemudian nikmat yang Allah berikan yang ketika kita ingin menghitungnya maka kita tidak akan mampu. Sebagaimana dijelaskan dalam Qs. An-Nahl: 18," jelasnya.

Baca Juga : Muktamar X LKA MPM UINAM Tetapkan Dafid sebagai Ketua Umum Periode 2022-2023

Lebih lanjut, Ustazah Aini menambahkan bahwa Bentuk Syukur Nikmat menurut Ibnul Qayyim – Madarij As Salikin yaitu ada tiga.

"Bentuk Syukur Nikmat menurut Ibnul Qayyim – Madarij As Salikin ada tiga yaitu pertama pada lisan, dimana seorang hamba mengakui dan memuji keagungan Tuhannya. Kedua, pada hatinya yaitu dengan semakin meyakini dan mencintai-Nya dan yang ketiga pada anggota badannya yaitu dengan semakin tunduk, khusyuk, dan taat kepada-Nya," tambahnya.

Diakhir pemaparannya, Ustazah Aini menyampaikan tujuh tips hidup produktif dan berkah .

Baca Juga : FKIK UIN Alauddin Makassar Kerja Sama Dompet Dhuafa Sulsel dalam Program Beasiswa Mahasiswa

"Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan agar hidup menjadi produktif dan berkah yaitu menentukan visi misi hidup. rutin menyusun jadwal harian, pekanan, bulanan dan tahunan.Hindari begadang dan tidur pagi. Masukkan jadwal “Kelompok Belajar Al-Qur’an” minimal 2 jam sepekan (dari 168 jam yang kita miliki). Dahulukan pekerjaan yang penting, buat skala prioritas. Miliki support system sertabangun kebiasaan dari yang sederhana," paparnya.

Kegiatan MQL ini ditutup dengan pembagian kelompok belajar Islam Al-Qur'an intensif gratis yang merupakan follow up kegiatan serta pembagian doorprize.

#UIN Alauddin Makassar #LKA MPM UINAM #MQL Bacth VI