Jumat, 09 September 2022 15:22

3 Alasan PSSI Laga Timnas Indonesia vs Curacao Batal di JIS

Mulyadi Abdillah
Konten Redaksi Rakyatku.Com
3 Alasan PSSI Laga Timnas Indonesia vs Curacao Batal di JIS

Saat ini PSSI masih dalam taraf pembicaraan dengan beberapa stadion untuk pertandingan kedua Timnas Indonesia vs Curacao.

JAKARTA -- PSSI membatalkan laga Timnas Indonesia kontra Curacao di Jakarta International Stadium (JIS) pada 27 September 2022. JIS dianggap belum layak untuk menggelar FIFA matchday.

Ada tiga alasan PSSI tidak menggunakan JIS. Apa saja? Berikut tiga penyebab Timnas Indonesia vs Curacao batal di JIS seperti dikutip dari situs resmi PSSI:

 

1. Infrastruktur Belum 100 Persen Layak
Berdasarkan hasil inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI, Stadion JIS belum memenuhi kelayakan 100 persen infrastruktur yang mencakup sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter yang menumpuk di bagian barat dan utara.

Baca Juga : Ketum PSSI Lepas Iqbal dan Eriko Trial ke Hungaria

Disebutkan pula concourse (tempat pertemuan orang banyak) di bagian timur belum dapat digunakan. Perimeter tribune juga disebut perlu pengkajian ulang, mencakup pagar perimeter di bagian bawah concourse yang disebut tak kukuh.

2. Sarana Pendukung Belum Sesuai Standar
JIS yang memiliki daya tampung 80 ribu kursi disebut hanya bisa menampung sekitar 800 unit kendaraan roda empat. Di sisi lain ada animo masyarakat berdatangan ke stadion.

Selain itu pintu masuk stadion hanya satu sehingga dikhawatirkan membutuhkan waktu lama jika penonton bersama-sama keluar.

Baca Juga : PSSI dan CFA Jajaki Kerja Sama Pengembangan Sepak Bola

Sekjen PSSI Yunus Nusi juga menambahkan ada bagian plafon yang rendah dan membuat bus yang mengangkut pemain tidak bisa masuk.

Sponsored by MGID

Yunus menjelaskan jika pemain, baik tuan rumah maupun tamu, turun di area umum maka akan menjadi catatan FIFA karena seharusnya para pemain turun di tempat yang sudah diatur.

3. Biaya Sewa
Dalam keterangan resmi, PSSI mencantumkan masalah sewa stadion yang tinggi sebagai salah satu alasan batal menggelar laga di JIS.

Baca Juga : PSSI Pastikan Nasib Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Saat ini PSSI masih dalam taraf pembicaraan dengan beberapa stadion untuk pertandingan kedua (27/9) di antaranya Stadion Pakansari, Bogor, dan Stadion Patriot, Bekasi.

#Jakarta International Stadium #PSSI #Timnas Indonesia