Kamis, 01 September 2022 13:18

Tahap Akhir Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh Hari Ini Dibahas di DPR

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
PSSI dan Kemenpora hadiri raker dengan Komisi X DPR RI bahas tahap akhir naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh. (Foto: PSSI)
PSSI dan Kemenpora hadiri raker dengan Komisi X DPR RI bahas tahap akhir naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh. (Foto: PSSI)

Raker dengan Komisi X yang membidangi pendidikan, riset, olahraga dan kepariwisataan ini menjadi pintu terakhir dari seluruh rangkaian proses pemberian kewarganegaraan Indonesia terhadap Jordi dan Sandy,

RAKYATKU.COM -- Komisi X DPR RI menggelar rapat kerja bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) beserta PSSI pada Kamis (1/9/2022) pagi.

Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti proses naturalisasi tahap akhir dua pemain keturunan Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh, setelah sebelumnya Komisi III DPR RI telah menyetujui naturalisasi kedua pemain tersebut dalam rapat kerja yang digelar pada Senin (29/8/2022) lalu.

Raker dengan Komisi X yang membidangi pendidikan, riset, olahraga dan kepariwisataan ini menjadi pintu terakhir dari seluruh rangkaian proses pemberian kewarganegaraan Indonesia terhadap Jordi dan Sandy, yang rencananya akan memperkuat skuat timnas Indonesia dibawah polesan pelatih Shin Tae-yong.

Baca Juga : Resmi Jadi WNI, Jay Idzes Siap Bela Timnas

“Menindaklanjuti proses permohonan pemberian kewarganegaraan Jordi Amat dan Sandy Walsh, hari ini Kemenpora bersama PSSI turut diundang pada rapat kerja Komisi X DPR RI. Ini merupakan proses yang panjang, kira berharap rapat dengar pendapat hari ini akan berbuah manis sehingga proses ini dapat dirampungkan dengan persetujuan dari DPR RI,” ungkap Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Timnas Indonesia dijadwalkan akan melakoni laga FIFA Match Day pada 24 dan 27 September mendatang.

Dengan estimasi maksimal dua pekan rangkaian proses ini dapat rampung, diharapkan Jordi dan Sandy bisa segera mendapatkan status warga negara Indonesia dan membela skuat Garuda pada laga kontra Curacao nanti.

Baca Juga : Tiba di Indonesia, Jay Idzes akan Jalani Pengambilan Sumpah WNI

“Jordi dan Sandy diharapkan menjadi tambahan amunisi kekuatan baru bagi timnas Indonesia bukan hanya untuk laga-laga FIFA saja, namun untuk agenda-agenda timnas ke depannya termasuk Piala Asia. Proses naturalisasi ini diharapkan berjalan sesuai rencana, agar supaya kehadiran keduanya bisa memperkuat tim untuk memenuhi harapan dan kecintaan masyarakat akan olahraga sepakbola,” ujar Iriawan.

Menpora pun mendukung upaya naturalisasi yang tengah dilakukan PSSI. Menurutnya, saat ini ada kebutuhan pemain untuk cabang olahraga sepak bola yang tujuannya untuk memperkuat tim nasional.

Meskipun, dia menegaskan bahwa Kemenpora sedianya sangat ketat dalam memberikan rekomendasi terkait permohonan naturalisasi.

Baca Juga : Justin Hubner Resmi Jadi WNI, Siap Perkuat Timnas Indonesia

Setelah sebelumnya disetujui Komisi III DPR, maka proses selanjutnya Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan tinggal menunggu rapat kerja dengan Komisi X DPR RI selaku mitra kerja.

#Naturalisasi #Jordi Amat #Sandy Walsh #komisi x dpr ri #PSSI #Kemenpora