Rabu, 31 Agustus 2022 13:54

Kapolri Bersyukur Indonesia Tiga Tahun Swasembada Beras

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

"Swasembada beras alhamdulillah selama tiga tahun berturut-turut (2019-2021) kita bisa menjaganya," ujar Sigit melalui akun Instagram pribadinya.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengaku bersyukur Indonesia mampu mewujudkan swasembada beras di tengah berbagai ancaman krisis global. Sejalan dengan capaian itu, pembangunan infrastruktur pertanian seperti embung dan bendungan juga terus dibangun secara baik.

"Swasembada beras alhamdulillah selama tiga tahun berturut-turut (2019-2021) kita bisa menjaganya," ujar Sigit melalui akun Instagram pribadinya, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pertanian merupakan sektor strategis yang harus dijaga bersama-sama. Ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa Indonesia harus mampu meningkatkan nilai ekspornya melalui berbagai program yang ada.

Baca Juga : Indonesia Jalin Kerjasama Teknologi Pertanian dengan Iran

"Harapan Bapak Presiden, ke depan kita bisa ekspor dan ini harus kita jaga karena ini kunci dari semuanya," katanya.

Sigit mengatakan, pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal kedua mengalami peningkatan sebesar 5,44 persen dari yang tadinya 5,01 persen di kuartal pertama. Menurutnya, posisi Indonesia cukup bagus apabila dibandingkan negara lainya.

"Saya kira pengawalan terhadap investasi dan transformasi ekonomi sudah banyak di wilayahnya masing-masing. Tentunya ada yang saat ini sedang dikembangkan kawasan ekonomi khusus tertentu, baik green economy, industri hilir, semua harus dijaga," tuturnya.

Baca Juga : Pj. Gubernur Jateng Apresiasi Mentan Amran atas Solusi Cepat Bagi Petani

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak dalam menjalankan pembangunan pertanian Indonesia.

Meski tidak mudah, kata dia, pertanian tetap mampu menunjukan perkembangan yang positif dengan selalu menjadi penyangga ekonomi nasional saat krisis pandemi melanda dunia. Terbaru, Indonesia dinyatakan Internasional Rice Research Institute (IRRI) sebagai negara swasembada beras.

"Pertanian selalu tumbuh positif di saat sektor lainnya mengalami penambatan. Insyaallah kita akan terus bekerja membangun pertanian yang makin maju, mandiri dan modern," jelasnya.

#Kementerian Pertanian #Syahrul Yasin Limpo #Jenderal Listyo Sigit Prabowo