Senin, 29 Agustus 2022 14:38

DPR Apresiasi Kementan Atas Raihan WTP dan Capaian Swasembada Beras

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo
Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo

"Tentu saja IRRI memberikan penghargaan sekarang ini berarti kan ada kerja keras dari Bapak Menteri dan jajaran di Tahun 2021, khususnya tentang inovasi-inovasi teknologi"

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Anggota IV DPR RI yang juga politisi Komisi Partai Gerindra, Endang Setyawati Thohari mengapresiasi kerja keras Jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) yang kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk kali berturut-turut. Menurutnya, penghargaan tersebut merupakan kado istimewa bagi bangsa Indonesia dalam membangun sektor pertanian maju, mandiri dan modern.

"Apresiasi kepada Bapak Menteri Pertanian yang selalu dapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian," ujar Endang dalam rapat kerja bersama Menteri Pertanian di Gedung Parlemen, Jakarta pada Senin, 29 Agustus 2022.

Selain itu, Endang juga mengapresiasi penghargaan Internasional Rice Research Institute (IRRI) yang menyatakan bahwa Indonesia sebagai negara swasembada. Bagi Endang, penghargaan tersebut adalah prestasi luar biasa karena dicapai dalam tiga tahun Berturut-turut.

Baca Juga : Survei Terbaru Calon Gubernur Sulsel: Menteri Pertanian, Kabaharkam, Waketum Golkar Hingga Bupati Gowa Teratas

"Tentu saja IRRI memberikan penghargaan sekarang ini berarti kan ada kerja keras dari Bapak Menteri dan jajaran di Tahun 2021, khususnya tentang inovasi-inovasi teknologi," katanya.

Hal senada disampaikan Anggota Komisi IV lainnya dari Partai PDIP, Yohanis Fransiskus Lema juga menyampaikan apresiasi atas capaian WTP yang diraih Kementan selama enam tahun berturut-turut. Bagi Lema, pertanian merupakan penolong bangsa karena mampu menghadirkan manfaat yang luar biasa.

"Fraksi kami (PDIP) ingin memberikan apresiasi atas capaian prestasi WTP yang dicapai kementan selama enam tahun berturut-turut. Saya juga berterima kasih karena waktu reses itu yang memberikan muka kepada adalah program Alsintan, P2L, Bimtek, dan seterusnya. Ini harus saya katakan terbuka karena program-program di 2021 yang dilakukan kementan itu cukup kuat dalam memberikan keberpihakkan dan pemberdayaan kepada para petani kecil," bebernya.

Baca Juga : Panen Jagung di Lokasi Food Estate Gunung Mas Memuaskan

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Haerudin menyampaikan terimakasih atas kinerja yang cukup baik dari jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) selama beberapa tahun terakhir. Menurutnya, pertanian dibawah pimpinan Syahrul Yasin Limpo telah menunjukan kinerja yang bagus, dimana kebutuhan pangan selama pandemi mampu tercukupi dengan baik.

"Perjalanan yang berharga bagi kita adalah kita bisa surplus ditengah-tengah badai bencana Covid ini. Anggaran terbatas tapi kita mampu mendorong sektor pertanian begitu besar dan kita surplus, dan mudah-mudahan surplus ini menjadi pertanda kemajuan petani kita ke depan," katanya.

Politisi PKB, Edward Tannur meminta agar semua capaian dan prestasi yang dicapai ini mampu ditingkatkan secara baik. Yang pasti, kata dia, pertanian dibawah pimpinan SYL mampu mencapai target secara terukur sehingga Indonesia berhasil mewujudkan swasembada.

Baca Juga : Pupuk Indonesia Dukung Sulsel Menuju Swasembada Pangan 2024. Mentan: Manfaatkan Lahan Rawa

"Kita patut bersyukur bahwa kementan mampu menargetkan, itu betul-betul suatu saat ketika kita lagi kesulitan anggaran, dilanda covid tapi masih bisa memberikan penghasilan atau kemajuan yang cukup baik apalagi kita mendapatkan penghargaan dari IRRI tentang kemandirian pangan, itu positif sangat Indonesia pangan . Hanya saja memang semua itu perlu ditingkatkan lagi," katanya.

#kementan #Syahrul Yasin Limpo #pertanian Indonesia