Jumat, 26 Agustus 2022 14:21

SMA Islam Athirah Masuk Top 1000 Sekolah Tahun 2022 Berdasarkan Nilai UTBK.

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
SMA Islam Athirah Masuk Top 1000 Sekolah Tahun 2022 Berdasarkan Nilai UTBK.

SMA Islam Athirah Bone menempati urutan ke-2 terbaik di Sulawesi Selatan dan urutan ke-170 dalam perangkingan nasional dan SMA Islam Athirah 1 Makassar menempati urutan ke-9 terbaik di Sulawesi Selatan dan urutan ke-925 dalam perangkingan nasional.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR-- Prestasi membanggakan kembali ditorehkan Sekolah Islam Athirah. Kali ini, SMA Islam Athirah Bone dan SMA Islam Athirah 1 Makassar keduanya masuk dalam Top 1000 Sekolah Tahun 2022 berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Sebagaimana diketahui, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah merislis rangking sekolah untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) negeri dan swasta di Indonesia yang masuk dalam kategori terbaik.

SMA Islam Athirah Bone menempati urutan ke-2 terbaik di Sulawesi Selatan dan urutan ke-170 dalam perangkingan nasional dengan nilai total 564,461. Sementara saudara kandungnya, SMA Islam Athirah 1 Makassar menempati urutan ke-9 terbaik di Sulawesi Selatan dan urutan ke-925 dalam perangkingan nasional dengan nilai total 515,283.

SMA Islam Athirah Bone, pada tahun sebelumnya telah masuk dalam Top 1000 Sekolah Tahun 2021 dengan menempati urutan ke-2 di Sulawesi Selatan dan urutan ke-270 dalam perangkingan nasional. Sementara SMA Islam Athirah 1 Makassar yang sebelumnya belum masuk perangkingan, kini menyusul dan bertengger pada urutan ke-925 nasional.

Untuk diketahui, sekolah jenjang SMA di Provinsi Sulawesi Selatan berjumlah 581 dari 13.865 sekolah negeri dan swasta yang ada di Indonesia.

 

Kepala SMA Islam Athirah Bone, Syamsul Bahri, S.Pd.I., M.Pd. mengungkapkan, SMA Islam Athirah Bone telah tiga kali masuk perangkingan, baik perangkingan provinsi maupun nasional. Ia juga merincikan, untuk tahun 2020 SMA Islam Athirah Bone menempati urutan ke-3 terbaik di Sulawesi Selatan dan urutan ke-351 dalam perangkingan nasional.

Lebih lanjut, untuk tahun 2021 SMA Islam Athirah Bone menempati urutan ke-2 terbaik di Sulawesi Selatan dan urutan ke-270 dalam perangkingan nasional, sementara tahun ini naik seratus peringkat.

Sponsored by MGID

“Tahun ini alhamdulillah meningkat sangat tajam, seratus peringkat kita naik (perangkingan nasional) dari tahun sebelumnya,” tuturnya

Atas hasil itu, ia mengaku bersyukur dan siap untuk mengejar peringkat lebih tinggi. “Kita sangat bersyukur alhamdulillah peningkatannya secara nasional sangat signifikan meskipun tahun ini belum di posisi ke-1 untuk peringkat di Sulsel, tapi insyaallah tahun depan kita akan kejar lagi,” imbuhnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar, Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd. rasa syukur dan bangga diutarakan Tawakkal. Apalagi menurutnya, untuk masuk top 1000 nasional butuh kerja cerdas dan kerja inovasi. Atas capaian itu, ia mengapresiasi guru yang telah bekerja, mengajar dan mendidik siswa.

“Saya apresiasi tim guru SMA Islam Athirah 1 Makassar atas kerja-kerja hebat yang telah digerakkan dengan tulus dan sabar dalam mengajar dan mendidik anak-anak kita,”

Selain kepada guru, Tawakkal juga memuji siswa yang saat ini telah berstatus alumni yang saat itu menjadi peserta UTBK 2022. “Apresiasi juga kepada anak-anak alumni 2022 yang telah belajar keras sehingga ia mampu torehkan hasil yang sangat membanggakan kita selaku insan Athirah yang telah membawa sekolah di jajaran top 10 provinsi dan top 1000 nasional,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Sekolah Islam Athirah H. Syamril, S.T., M.Pd. berharap capaian tersebut terus dapat ditingkatkan pada masa mendatang.

“Alhamdulillah pencapaian yang luar biasa, semoga bisa terus meningkat di tahun yang akan datang, Terima kasih kepada seluruh pimpinan, guru, dan siswa yang telah belajar dengan ikhlas dan sungguh-sungguh, juga kepada orang tua yang telah memilih Athirah untuk anak-anaknya,” pungkasnya.

Penulis : Lisa Emilda