Sabtu, 27 Agustus 2022 09:37

Menkeu: Kuota BBM Bersubsidi Habis Oktober

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Keuangan (Menku), Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Instagram Sri Mulyani Indrawati)
Menteri Keuangan (Menku), Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Instagram Sri Mulyani Indrawati)

Perkiraan ini didasarkan pada data realisasi konsumsi bahan bakar jenis ini selama tujuh bulan awal tahun yang telah jauh melampaui separuh target APBN.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menku), Sri Mulyani Indrawati, memperkirakan kuota BBM bersubsidi jenis solar dan pertalite yang ditargetkan dalam APBN tahun ini akan habis pada Oktober 2022.

"Kalau kita asumsikan volume konsumsi (BBM) mengikuti selama delapan bulan terakhir, kuota akan habis di bulan Oktober, kalau konsumsinya tetap sama," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers tindak lanjut hasil rakor Kemenko Perekonomian terkait kebijakan subsidi BBM di Jakarta, Jumat (6/8/2022).

Menurut Sri Mulyani, bersamaan dengan itu, anggaran subsidi dan kompensasi energi yang mencapai Rp502 triliun tahun ini juga akan habis pada Oktober. Dengan demikian, akan diperlukan anggaran subsidi dan kompensasi energi tambahan untuk menambal sisa waktu yang ada hingga akhir tahun.

Baca Juga : YLKI Dukung Keputusan Pertamina Jatuhkan Sanksi SPBU Curang Soal BBM Subsidi

"Yang terjadi sekarang, dengan pemulihan ekonomi, konsumsi dan subsidi yang masih tinggi, konsumsi solar dan pertalite diperkirakan jauh melampaui apa yang ada di APBN," beber Sri Mulyani.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menyebut perkiraan ini didasarkan pada data realisasi konsumsi bahan bakar jenis ini selama tujuh bulan awal tahun yang telah jauh melampaui separuh target APBN.

Sri Mulyani menjelaskan, realisasi konsumsi solar pada Januari hingga Juli tahun ini sudah mencapai 9,88 juta kiloliter atau 65 persen dari kuota. Dengan itu, dirinya memproyeksi konsumsi solar akan mencapai 17,44 juta kiloliter atau 115 persen dari kuota hingga akhir tahun. Kuota penyaluran solar bersubsidi dalam target APBN tahun ini sebesar 15,10 juta kiloliter.

Baca Juga : Kinerja APBN Juli 2023, Pendapatan dan Belanja Negara Tumbuh Positif

Sri Mulyani melanjutkan, realisasi konsumsi pertalite pada Januari hingga Juli tahun ini sudah mencapai 16,84 juta kiloliter atau 73 persen dari kuota. Dia memproyeksi konsumsi pertalite akan mencapai 29,07 juta kiloliter atau 126 persen dari kuota pada akhir tahun. Kuota penyaluran pertalite bersubsidi dalam target APBN tahun ini sebesar 23,05 juta kiloliter.

Sumber: Antara

#Sri Mulyani Indrawati #BBM Subsidi