Rabu, 24 Agustus 2022 14:34

Dinkes Sulsel: Dua Warga Makassar Suspek Cacar Monyet

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Freepik)
Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Pasien yang mengalami gejala cacar monyet masih menjalani perawatan intensif. Pasien mempunyai riwayat perjalanan dari Jakarta beberapa waktu lalu.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyampaikan dua warga Kota Makassar diduga mengalami gejala cacar monyet atau Monkeypox.

Dua warga tersebut telah menjalani perawatan di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dan Rumah Sakit Umum Provinsi Sulsel Labuang Baji.

 

"Iya ada dua orang dirawat di RS Unhas dan Labuang Baji. Baru dugaan suspek (cacar monyet)," kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sulsel, Erwan Tri Sulistyo, Selasa (23/8/2022).

Baca Juga : Gagal Ginjal Akut Anak, Dinkes Sulsel: Jangan Beli Obat Tanpa Resep Dokter

Erwan mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan dengan mengambil sampelnya untuk diperiksa di Jakarta. "Itu belum dapat dipastikan, kita baru ambil sampelnya lalu kita kirim ke Jakarta. Belum terkonfirmasi," bebernya.

Saat ini Dinkes Sulsel telah melakukan langkah-langkah pencegahan terjadi penyebaran virus Monkeypox di Sulsel.

Erwan menjelaskan, pasien yang mengalami gejala cacar monyet masih menjalani perawatan intensif. Pasien, kata dia, mempunyai riwayat perjalanan dari Jakarta beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Dinas Kesehatan Sulsel Tindak Lanjuti Anak Dicurigai Penderita Gagal Ginjal Akut

"Pasien itu pria berusia 36 tahun, dia dari Jakarta setelan itu yang bersangkutan merasa tidak nyaman di badannya," ucap Erwan.

Sponsored by MGID

"Di tubuhnya ada seperti ruam, kemudian pergi berobat ke dokter, tapi tidak ada perubahan, sehingga di ke RS Unhas. Di situ dinyatakan sebagai diduga mengalami gejala Monkeypox," tuturnya.

Sumber: CNN Indonesia

#Dinas Kesehatan Sulsel #cacar monyet