Senin, 22 Agustus 2022 08:53

Gubernur Sulsel Minta Pembangunan Tanggul Penahan Abrasi di Takalar Segera Direalisasikan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, di Pantai Wisata Galesong, Sampulungan, Galesong Utara, Takalar, Ahad (21/8/2022).
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, di Pantai Wisata Galesong, Sampulungan, Galesong Utara, Takalar, Ahad (21/8/2022).

Pemprov Sulsel tahun ini mengalokasikan bantuan keuangan untuk menangani abrasi di Takalar senilai Rp15 miliar.

RAKYATKU.COM, TAKALAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, mendorong agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Takalar untuk sesegera mungkin merealisasikan penanganan abrasi yang terjadi di beberapa titik. Total panjang yang harus ditangani 400-500 meter. Diharapkan tidak ada lagi rumah warga yang hanyut terbawa ombak akibat abrasi.

Sudirman mengatakan, Pemprov Sulsel tahun ini mengalokasikan bantuan keuangan untuk menangani abrasi di Takalar senilai Rp15 miliar.

"Pak Bupati, bagaimana penanganan abrasi, itu harus diselesaikan segera mungkin," kata Sudirman saat ditemui Bupati Takalar, Syamsari Kitta, di Pantai Wisata Galesong, Sampulungan, Galesong Utara, Takalar, Ahad (21/8/2022).

Baca Juga : Korban Hilang Akibat Banjir di Wajo Ditemukan Meninggal Dunia

Syamsari sendiri menyampaikan apresiasinya atas perhatian besar Gubernur Sulsel pada persoalan abrasi di Takalar.

"Kita bersyukur perhatian besar Pak Gubernur pada upaya mengatasi abrasi. Oleh karena itu, mewakili masyarakat Takalar mengucapkan terima kasih kepada beliau,” sebutnya.

“Insyaallah dalam beberapa waktu ke depan akan dimulai,” imbuhnya.

Baca Juga : Nakes Sulsel Rela Jalan Kaki untuk Layani Korban Banjir dan Longsor di Titik Terisolir Latimojong

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Takalar, Muhsin, menjelaskan untuk sementara masih menunggu tahap perencanaan. Setelah itu selesai maka kemudian didorong masuk ke Layanan Pengadaan secara Elektronik (LPSE) sambil menunggu hasil rekomendasi teknis (rekomtek).

"Kita tinggal tunggu perencanaannya ini, begitu selesai tahapannya, juga kita melakukan ekspose mengundang semuanya, termasuk bupati, kejaksaan dan kepolisian,” jelasnya.

Pihak konsultan, kata dia, akan menyelesaikan perencanaan pekan ini. Setelah diajukan ke LPSE dan Unit Layanan Pengadaan (ULP) setelah itu berkontrak.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Salurkan Bantuan 10 Ton Beras untuk Korban Banjir dan Longsor di Luwu

"Setelah itu berkontrak, estimasinya itu diprediksi pada bulan September sudah berkontrak," sebutnya.

Muhsin mengungkapkan, pembangunan tanggul penahan abrasi akan dibangun di wilayah Desa Bontokanang, Desa Mappakalompo, dan Desa Pa’la’lakkang.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman