Rabu, 17 Agustus 2022 11:49

HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Mentan SYL Sampaikan Terima Kasih kepada para Petani

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (kanan).
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (kanan).

Terima kasih para pahlawan, terima kasih para petani. Kalian luar biasa dalam memajukan bangsa Indonesia. Pertanian kita maju dan alhamdulillah kita sudah swasembada," ujar SYL.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), menyampaikan terima kasih atas perjuangan para petani yang selama ini terus berproduksi. Menurut SYL, kerja keras mereka terbukti jadi pemicu utama tingginya produktivitas sehingga Indonesia mampu mencapai swasembada dalam tiga tahun terakhir.

SYL mengatakan, capaian swasembada menjadi kado istimewa bagi bangsa Indonesia pada peringatan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan ke-77 ini. Swasembada juga menjadi bukti bahwa Indonesia merupakan negara besar yang memiliki keunggulan di sektor pertanian.

"Dirgahayu! Selamat ulang tahun ke-77 negara tercintaku Indonesia. Terima kasih para pahlawan, terima kasih para petani. Kalian luar biasa dalam memajukan bangsa Indonesia. Pertanian kita maju dan alhamdulillah kita sudah swasembada," ujar SYL, Rabu (17/8/2022).

Baca Juga : Mentan Pastikan Pemerintah Kawal Stok Pangan Nasional

SYL berujar, kemerdekaan ditujukan kepada orang-orang yang tidak henti-hentinya terus berjuang berbuat apa saja untuk pembangunan bangsa. Kemerdekaan adalah untuk mereka yang pantang menyerah menggapai cita-cita.

"Ini saatnya kita berbuat lebih di sektor pangan. Pangan menjadi kunci dalam meningkatkan ekonomi dan devisa negara. Pangan jadi solusi bagi hadirnya lapangan kerja hingga berjuta-juta," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Indonesia sudah tidak impor beras selama tiga tahun terakhir. Hal ini disampaikan Jokowi dalam pidato sidang tahunan MPR RI dan sidang bersama DPR RI di gedung parlemen, Senayan, Jakarta.

Baca Juga : Irjen Kementan Jebolan KPK Naik Pangkat Bintang Tiga

Menurut Jokowi, pembangunan irigasi dan juga bendungan merupakan faktor utama yang mendukung peningkatan produktivitas. "Untuk konsumsi beras, kita sudah tidak lagi impor dalam tiga tahun terakhir. Pembangunan bendungan dan irigasi telah mendukung peningkatan produktivitas nasional kita," tuturnya.

Jokowi menyampaikan, keberhasilan Indonesia dalam membangun sektor pertanian juga mendapat pengakuan langsung dari lembaga riset beras dunia, International Rice research Institute (IRRI), yang menyatakan Indonesia sukses memenuhi kebutuhan pangannya sendiri.

"Alhamdulillah kita baru saja memperoleh penghargaan dari International Rice Research Institue yang disaksikan oleh FAO (Food and Agriculture Organization) karena kita mampu mencapai sistem ketahanan pangan dan swasembada beras sejak tahun 2019," ungkapnya.

#Kementerian Pertanian #Syahrul Yasin Limpo #HUT Ke-77 Kemerdekaan RI