Kamis, 11 Agustus 2022 09:37

Pelantikan Pengurus KONI Sulsel 2022-2026, Gubernur Andalan Dorong Olahraga Jadi Industri

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman. (Foto: Diskominfo-SP Sulsel)
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman. (Foto: Diskominfo-SP Sulsel)

“Saya mengharapkan, bagaimana KONI mendorong kementerian menjadikan olahraga itu industri. Dengan demikian, kemandiriannya kuat dan profesional,” kata Andi Sudirman Sulaiman, Gubernur Sulsel.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, menghadiri pengukuhan dan pelantikan Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel periode 2022-2026 di Hotel Claro, Rabu (10/8/2022).

Pelantikan dirangkaikan peluncuran secara resmi logo Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulsel ke-17 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bulukumba dan Kabupaten Sinjai.

Yasir Susanto Machmud dilantik sebagai Ketua KONI Sulsel bersama 70 pengurus lainnya oleh Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Lantik Pejabat Administrasi dan Pengawas Lingkup Pemprov Sulsel

Andi Sudirman sebagai Ketua Dewan Penyantun KONI Sulsel berharap pengurus dapat membawa Sulsel menuju puncak prestasi. Melakukan pembinaan dan pengembangan olahraga dan membawa Sulsel sebagai tempat lahirnya atlet berprestasi di tingkat nasional dan internasional.

Pemprov Sulsel, kata dia, akan terus mendukung pengembangan olahraga. Hanya, memang dibutuhkan olahraga ini menjadi industri.

“Saya mengharapkan, bagaimana KONI mendorong kementerian menjadikan olahraga itu industri. Dengan demikian, kemandiriannya kuat dan profesional,” kata sosok yang akrab disapa Gubernur Andalan ini.

Baca Juga : Serah Terima Jabatan Komandan Lantamal VI Makassar Dihadiri Penjabat Gubernur Sulsel

“Makanya pengurus baru ini kita akan ajak apa yang menjadi kebijakan strategisnya agar bisa mengembangkan olahraga di Sulsel," tambahnya.

Selain itu, Andi Sudirman juga sudah memanggil jajarannya untuk meninjau izin perusahaan yang beroperasi di Sulsel agar memperhatikan olahraga. Sebab, dukungan dari perusahaan penting untuk pembinaan dan kemajuan olahraga.

"Di provinsi, saya juga mendorong, tolong dicek semua izin perusahaan. Kalau tidak ada pembinaan olahraganya tolong dipertimbangkan,” ungkapnya.

Baca Juga : Penjabat Gubernur dan Kapolda Ziarah ke Makam Raja-Raja di Jera Lompoe Soppeng

Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, mengatakan untuk meraih prestasi memang dibutuhkan kolaborasi KONI Sulsel dengan pemerintah. "Saat PON Papua lalu, Pak Gubernur ini selalu hadir di Papua. Itu bukti dukungan pemerintah untuk para atlet Sulsel," ucapnya.

Prestasi KONI Sulsel di PON Papua cukup baik karena berada di posisi ke 11 klasemen. Tentu, kata dia, hal ini harus dipertahankan dan bisa ditingkatkan lagi. "Prestasi yang lebih baik bisa diraih dengan kebersamaan para pengurusnya termasuk dukungan pemerintah," tuturnya.

Selain itu, dirinya juga memuji PSM Makassar yang mencatatkan sejarah masuk ke dalam final AFC Cup 2022 zona ASEAN yang menjadi kebanggaan masyarakat Sulsel dan Indonesia.

Baca Juga : Meriahkan HUT Soppeng, Pj Gubernur Bahtiar Apresiasi Pelaksanaan Pameran Pembangunan

Sementara, Ketua KONI Sulsel, Yasir Machmud, mengatakan pihaknya akan bekerja keras dan mempersiapkan atlet dengan baik untuk meraih lima besar pada PON mendatang.

"Ini menjadi harapan kita semua dan akan terus berusaha meraih target lima besar ini. Tentunya dengan dukungan Pemprov Sulsel," ujarnya.

Adapun, logo Porprov memadukan dua ikon, dari Sinjai yakni gambar kuda dan gambar perahu khas Bulukumba. Pelantikan berlangsung semarak dengan diwarnai atraksi atlet dari cabang olahraga andalan Sulsel, seperti karate, silat, dan lainnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Kunjungi Soppeng, Tebar 160 Ribu Benih Ikan di Salomate

Hadir dalam pelantikan ini, yakni Menteri Pertanian RI periode 2014-2019 (Ketua Dewan Kehormatan KONI Sulsel), Andi Amran Sulaiman, anggota DPR RI, Iwan Darmawan Aras, Wakil Ketua Umum II KONI Pusat, Sudarmo, dan Kapolda Sulsel, Irjen Pol. Nana Sudjana, dan Kabinda Sulsel, Brigjen TNI Dwi Surjadmodjo, beserta para tokoh olahraga Sulsel.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #koni sulsel